PT Rifan Financindo – Palembang – Persediaan minyak mentah komersial di Amerika Serikat turun menjelang liburan Thanksgiving. Persediaan minyak mentah komersial negara tersebut turun sebesar 1,9 juta barel dari pekan lalu, karena ekspor minyak meningkat dan kilang-kilang minyak mengolah minyak mentah menjadi bensin untuk musim liburan yang sibuk.

Stok bensin tetap datar dari pekan lalu, namun persediaan bahan bakar jet dan beberapa produk olahan lainnya terlihat meningkat. Jadi persediaan minyak secara keseluruhan tetap sama dari minggu lalu.

Sementara persediaan minyak mentah menurun, reaksi dari para analis energi beragam karena sebuah kelompok perdagangan industri, American Petroleum Institute, telah memproyeksikan penurunan konsumsi minyak mentah yang lebih besar.

Masih berkaitan dengan pasokan minyak dunia, anggota kelompok pengekspor minyak OPEC berencana melakukan pertemuan singkat di Wina pada 30 November 2017. Pertemuan tersebut akan berlangsung singkat karena hanya berdurasi 3 jam saja. Dalam rapat, OPEC akan memutuskan apakah memperpanjang pembatasan pasokan minyak atau tidak.

Sebagai mana diketahui, anggota OPEC seperti Rusia dan sembilan produsen lainnya membatasi produksi minyak sekitar 1,8 juta barel per hari sampai Maret 2018. Mereka diperkirakan akan memperpanjang kesepakatan tersebut di pertemuan Wina pada 30 November.

Durasi 3 jam akan menjadi pertemuan singkat berdasarkan standar OPEC. Sebab, mengacu pertemuan-pertemuan sebelumnya kadang-kadang dilakukan sampai dini hari saat para menteri berdebat tentang kebijakan.

Sekjen OPEC Mohammad Barkindo mengatakan, kelompok tersebut berusaha mencapai konsensus sebelum pertemuan mengenai berapa lama untuk memperpanjang kesepakatan dalam membatasi produksi. Sebuah sesi tertutup, hanya diikuti oleh menteri-menteri OPEC dan sekretaris jenderal, dijadwalkan akan dimulai pada pukul 12.00 siang (11.00 GMT), menurut agenda yang dimuat di situs OPEC.

Ini akan dilanjutkan dengan pertemuan pada pukul 13.00 sore (14.00 GMT) yang dihadiri oleh para menteri dan delegasi OPEC serta non-OPEC. Setelah itu, akan ada sebuah konferensi pers.

(kmj)

Sumber : Okezone

PT Rifan Financindo