Kelompok usaha jasa keuangan besar di Asia,? The Development?Bank?of Singapore (DBS), melalui ?PT Bank DBS Indonesia (DBS Indonesia), menjalin kemitraan dengan lembaga pendidikan ekonomi dan bisnis terkemuka di Indonesia, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI), dalam ?menyiapkan kurikulum pendidikan manajemen perbankan untuk ?menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul di Industri keuangan, menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang dimuai pada akhir 2015 mendatang.? Demikian disampaikan dalam acara penandatanganan kesepakatan kerja sama antara DBS Indonesia dan FEUI, di Depok, Rabu (24/9).

? Sepanjang sejarahnya, FEUI telah melahirkan sejumlah profesional yang outstanding di Industri keuangan.? Meski demikian, selama ini FEUI belum merancang kurikulum yang khusus untuk mendidik calon-calon bankir profesional.?? Kerjasama ini diharapakan dapat memadukan pendidikan yang tidak saja berbasis teori-teori mutakhir, melainkan juga menyentuh kasus-kasus bisnis keuangan dan perbankan di Indonesia?, kata Subroto, Komisaris ?Indpenden DBS indonesia.

Sementara itu, ?Dekan FEUI Ari Kuncoro mengatakan, kurikulum ?dirancang sejalan dengan kebutuhan fakultas dalam memberikan lebih banyak akses pada mahasiswa untuk mengetahui dunia praktek perbankan.? Selama ini sistem pendidikan ekonomi di Indonesia lebih banyak ?berdasarkan text book, dengan program ini diharapkan bisa mengubah pola tersebut.? Para mahasiswa akan mempelajari sejumlah strategi dan produk perbankan termasuk consumer banking, corporate banking, treasury, risk management, serta fungsi pendukung, seperti audit, akuntansi, dan operasional.

Sebagai bagian dari program kerjasama ini, DBS Indonesia dan FEUI juga mengadakan beberapa seminar bisnis.? Salah satunya yang diselenggarakan, hari ini, Rabu (24/9), yang bertema ?Berkarir di Era Tanpa Batas dalam Menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, Satu Hari dalam Kehidupan para Bankir?.? Dalam seminar itu, ??Director of Consumer Banking Group DBS Indonesia, Steffano Ridwan dan Head of Sales Treasury & Markets, Benny Aroeman, memberikan informasi pengalaman praktis dalam berkarir dan mengembangkan karir di industri perbankan.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/jalin-kerjasama-dbs-indonesia-dan-feui-didik-calon-bankir-unggulan/