PALEMBANG – Memberikan mahar terindah dan unik bagi pasangan di hari pernikahan, mungkin menjadi impian bagi setiap calon pengantin pria. Peluang inilah yang terus ditekuni Clarisa Putri Aulia, seorang ibu rumah tangga yang tinggal di kawasan Bukit Besar, Palembang.

Kerajinan yang ditekuni sejak tiga tahun silam ini, mampu menjadi penopang ekonomi keluarga dengan omzet puluhan juta rupiah.

Mahar pengantin biasanya berupa uang atau barang dengan bentuk yang sederhana, namun kini, mahar dapat dibentuk dengan berbagai kreasi unik tanpa mengurangi nilai yang terkandung di dalamnya.

Misalnya mahar kreasi Clarisa Putri Aulia ini dibentuk lukisan dan kaligrafi nan indah. Koin logam dan uang kertas yang dibalut berbagai ornamen lainnya, dibentuk sedemikian rupa sesuai konsep yang diinginkan oleh sang calon pengantin.

Di tangan terampil ibu satu anak ini, mahar pengantin pun kian variatif. Di sebuah rumah yang berada di kawasan Bukit Besar, Palembang, ia pun mulai merintis usaha yang berawal dari hobinya tersebut sejak tahun 2013 silam dengan berbekal belajar otodidak dari internet.

(Baca Juga: Mantan TKW Sukses Geluti Usaha Kripik Pisang Ngapak)

Pembuatan sebuah mahar diperlukan waktu sekitar satu minggu. Biasanya, calon pengantin mendatanginya membawa gambar konsep mahar yang mereka inginkan, seperti yang dibuatnya saat ini yang berkonsep bangunan masjid. Diperlukan ketelitian dan kesabaran ekstra dalam setiap detail pembuatannya, koin-koin logam pun ditempel menggunakan lem pada karton padi dan dibentuk sesuai pola. Lalu kemudian, uang mahar disusun dan dilipat sesuai tempat dan bentuk hingga menyerupai pola yang diinginkan.

Jasa pembuatan mahar unik ini pun cukup terjangkau, dibanderol dengan harga berkisar mulai Rp400 ribu hingga Rp1 juta. Puluhan pesanan dari dalam kota Palembang dan berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Lampung hingga Aceh datang padanya. Tak heran omzetnyapun mencapai puluhan juta rupiah setiap bulannya.

“Dari hobi sih sebenernya jadi pas mau nikah saya buat sendiri lalu diterusin pas sudah nikah jadi usaha. Biasanya bentuk masjid, kaligrafi dan bentuk lainnya. Kalau tingkat kesulitan harus diperhitungkan bahan mahar serta membuatnya memang agak rumit. Untuk jasa mulai Rp400 ribu hingga Rp1 juta,” kata Clarisa di Palembang, Sumatera Selatan.

salah satu pemesan mahar pengantin, Abriansyah Liberto mengatakan sengaja memesan mahar pengantin sebagai kenangan terindah. Kreasi mahar berbentuk kamera ini begitu unik dengan harga terjangkau.

“Saya lihat maharnya unik dan bentuknya bisa dieksplor lagi ya. Seperti saya memesan bentuk kamera sesuai profesi saya sebagai fotografer jadi mahar itu dibentuk dengan uang,” sambungnya.

Nah bagi anda yang ingin menjadi calon pengantin, tidak ada salahnya memberikan mahar pengantin yang unik dan berkesan agar menjadi kenangan terindah dalam keluarga. (dan)

(rhs)

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/04/22/320/1369894/inspirasi-bisnis-mahar-pernikahan-unik-yang-hasilkan-jutaan-rupiah