PT RIFAN FINANCINDO, JAKARTA? Di masa ekonomi yang serbasulit, memiliki rumah di dalam kota jelas bukan hal mudah. Masalahnya harga rumah sangat susah digapai. Apalagi ditambah pajaknya yang tak murah.

Sebagai gantinya?daripada tidak memiliki rumah sama sekali?Anda pun membeli rumah di pinggir kota. Tapi, jaraknya yang jauh dari kantor, membuat Anda tak bisa berada di rumah tersebut setiap hari. Alhasil saat hari kerja, Anda memilih tinggal di kontrakan, rumah orangtua atau mertua, agar tak terlalu lelah di jalan. Saat akhir pekan, barulah Anda menginap di rumah pribadi.

Melihat kebiasaan yang Anda jalankan, tak salah jika rumah pribadi Anda dinamakan rumah akhir pekan (weekend). Memang tak salah jika Anda melakukan hal ini. Tapi agar Anda tak terlalu rugi, karena sudah membeli rumah yang jarang ditempati, paling tidak rumah tersebut memiliki syarat berikut.

Bisa menggantikan liburan Anda

Artinya lingkungan rumah tak kalah indah atau nyamannya dengan lingkungan favorit Anda saat berlibur. Misalnya, Anda cenderung menyukai area yang asri, sejuk, dan memiliki fasilitas joging yang nyaman. Berarti rumah akhir pekan yang Anda miliki pun harus memiliki fasilitas yang sama. Jadi, Anda tak perlu lagi berlibur ke luar kota saat akhir pekan, karena berada di rumah akhir pekan sudah seperti liburan.

Aksesnya mudah

Rumah Anda boleh saja jauh, tapi pastikan aksesnya mudah dan tak ada masalah. Jadi lupakan jika rumah yang ingin Anda beli terletak di area sangat terpencil yang infrastrukturnya seperti jalan raya tidak memadai. Bisa-bisa Anda malah stres di jalan dan memilih tidak ingin tinggal di rumah tersebut.

Nasibnya 20-30 tahun kemudian

Perhatikan lingkungan sekitar perumahan Anda. Perkirakan apakah nantinya akan semakin berkembang serta suasananya akan tetap nyaman. Pasalnya, rumah inilah yang akan menjadi rumah peristirahatan Anda di masa pensiun nantinya, jadi tak salah jika Anda mempertimbangkan unsur kenyamanan dan nilainya di masa mendatang. Pastikan rumah memiliki nilai yang bagus sebagai investasi serta tetap nyaman jika digunakan sebagai tempat tinggal.

Dekat dengan area publik

Percayalah perumahan yang sangat sepi dan jauh dari area publik seperti tempat makan, mini market, atau jalan raya cenderung membuat Anda merasa khawatir. Selain Anda susah mencari bahan makanan serta kebutuhan harian seperti gas atau galon air, Anda pun menjadi merasa tak aman. Cukup banyak perumahan di area suburban di area nyaman, namun tak jauh dari pusat keramaian.

?

Anda bisa tidur lebih nyenyak

Jika rumah kontrakan atau rumah mertua Anda memberikan kesan yang kurang nyaman, rumah pribadi harus sebaliknya. Anda harus merasa bisa tidur lebih nyenyak dan cukup beristirahat saat berada di rumah itu. Tak heran jika saat berada di rumah pribadi Anda akan merasa waktu cepat berlalu karena Anda sangat menikmatinya.

(rzk)

Sumber : Okezone