BLITAR? Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo mengatakan pemerintah tidak akan mencapai target swasembada pangan jika sektor pertanian tidak dibenahi secara menyeluruh.

?Program (pertanian) harus totalitas, tidak bisa sepotong-sepotong. Lahan pertanian harus ditambah,? kata HT dalam Pelantikan DPC-DPC Partai Perindo Dapil VI di Blitar, Senin (18/1).

Dia mengatakan lahan saat ini semakin lama semakin mengecil. Seharusnya dipikirkan agar para petani bisa memiliki lahannya sendiri. Sebab selama ini banyak petani yang hanya menjadi penggarap lahan saja.

?Lahan pertanian makin mengecil. Jumlah petani makin sedikit, regenerasi petani tidak terjadi. Indonesia harus berjuang untuk bisa swasembada pangan,? ucapnya.

Dia mengatakan selain itu petani harus punya akses ke dana murah untuk beli pupuk, untuk membeli bibit, untuk peralatan pertanian modern. Selama ini para petani banyak yang masih menggunakan peralatan tradisional. Penggunaan alat modern seperti traktor akan membantu untuk meningkatkan produktivitas.

Selain itu, ?Para petani membutuhkan pendampingan dan pelatihan. Pasar dari hasil tani juga harus diperhatikan. Jangan sampai dimainkan oleh mafia-mafia pertanian,? lanjutnya.

Terakhir, dia mengatakan peruntukan lahan agar diatur untuk pertanian. ?Zonasi harus diperkuat, setiap daerah kekuatannya berbeda. Pertanian kita bisa membaik dan kita bisa swasembada,? katanya.

Hary berada di Jawa Timur untuk melantik pengurus Partai Perindo Dapil V dan Dapil VI Jawa Timur. Ia menanggapi kebijakan pemerintah yang menetapkan target swasembada pangan pada tahun 2017. Menurutnya, potensi pertanian di sangat besar, namun hasilnya masih jauh dari maksimal.

Hal ini harus mendapat perhatian serius dan dimaksimalkan dengan program secara tepat. ?Saya rasa kalau itu (pembenahan program) tidak dilakukan, sulit untuk kita bisa swasembada pangan dalam waktu dekat,? tegasnya.

Kepada ratusan pengurus dan kader Partai Perindo di Jawa Timur, Hary juga meminta agar terus fokus melaksanakan program Partai yang ditujukan untuk masyarakat menengah ke bawah, termasuk sektor pertanian. Kemandirian pangan, kata Hary, menjadi syarat mutlak agar Indonesia dapat menjadi bangsa yang sejahtera.

(mrt)

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/01/19/320/1291506/hary-tanoesoedibjo-ingin-pemerintah-serius-benahi-sektor-pertanian