RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bank sentral Korea hari ini memangkas suku bunga acuan untuk rekor rendahnya untuk mendukung ekonomi, di antara banyak isu dari wabah virus mers yang merebak belakangan ini, kamis (11/6).

Dipangkas 25 poin menjadi 1.50%, dimana hal tersebut merupakan kali kedua Bok melakukan pemangkasan di tahun ini, hal tersebut dilakukan di tengah kekhawatiran wabah Middle East Respiratory Syndrome (MERS) yang merajalela di negara yang terkenal dengan industri K-Pop nya.

Pada hari ini, Korea Selatan melalui Kemenkes nya mengatakan ada sekitar 122 orang yang terjangkit virus. Sejauh ini 9 orang tewas setelah tertular virus mematikan tersebut. Selain itu, dari wabah tersebut juga memberikan tekanan pada nilai ekspor yang terlihat menunjukkan penurunan.

Pengiriman luar negeri negara tersebut jatuh selama lima bulan pertama di tahun ini. Terjun 10.9% dari tahun sebelumnya, dan hal tersebut merupakan penurunan terbesar dalam enam tahun.

Memang sejumlah analis sudah memproyeksikan akan outlook pertumbuhan ekonomi Korea Selatan yang telah direvisi lebih rendah baru-baru ini, dipicu dari goyahnya sektor ekspor.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/hari-ini-bok-pangkas-suku-bunga-acuan/