TOKYO Harga minyak mentah Brent dan West Texas Intermediate (WTI) turun tipis, dan memangkas keuntungan 10 persen yang terjadi pada akhir pekan lalu, lantaran adanya pembicaraan baru bahwa OPEC mungkin akhirnya setuju untuk memangkas produksi dan menguarangi mengurangi pasokan.

Melansir Reuters, Senin (15/2/2016), Brent untuk pengiriman April turun 54 sen ke USD32,82 per barel. Harga minyak berhasil melonjak 3,30 persen pada akhir pekan kemarin, setelah menteri energi Uni Emirat Arab mengatakan bahwa Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak bersedia bekerja sama untuk menurunkan produksi.

Sementara Minyak mentah NYMEX, untuk pengiriman Maret, turun 38 sen menjadi USD29,06 per barel, setelah berhasil menguat ke USD3,23 per barel pada akhir pekan. Tidak akan ada kontral ditutup pada Senin ini untuk minyak mentah AS, karena liburan Hari Presiden dan perdagangan mungkin lebih tipis dari biasanya.

Saat ini, Iran mengekspor 1,3 juta barel per hari (bph) minyak mentah, dan akan memompa 1,5 juta barel per hari dengan awal tahun Iran berikutnya pada 20 Maret. Di sisi lain, pasar sedang menunggu data perdagangan China untuk Januari.

Iran akan memompa 4 juta barel minyak mentah di kapal tanker untuk Eropa dalam 24 jam, termasuk 2 juta barel yang nantinya dibeli oleh Total Perancis.

(mrt)

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/02/15/320/1312158/harga-minyak-mentah-terkoreksi-namun-tetap-di-atas-usd30