RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Harga karet alami berjangka terpantau mengalami peningkatan pada perdagangan Senin pagi ini (8/6). Para investor kembali melanjutkan aksi beli terhadap komoditas ini seiring dengan makin melemahnya mata uang yen Jepang.

Sentimen positif kembali menyambangi pasar karet berjangka Tocom di tengah anjloknya mata uang yen. Mata uang Jepang ini mencapai posisi paling rendah sejak bulan April tahun 2002 yang lalu. Yen pagi ini sedikit rebound ke level 125.00 per dollar. Pekan lalu mata uang ini sempat mencapai posisi 125.86 per dollar.

Melorotnya nilai tukar yen membuat harga karet alami yang diperdagangkan di Tocom menjadi relative lebih murah bagi para pembeli dari luar Jepang. Akhirnya permintaan terhadap komoditas tersebut meningkat sehingga harga jual di bursa komoditas mengalami kenaikan yang signifikan.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak November hari ini tampak dibuka pada posisi 240,5 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami pembukaan naik tipis saja yaitu sebesar 0,1 yen atau setara dengan 0,4 persen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di level 240,4 yen per kilogram. Saat ini harga karet terpantau sudah bergerak makin menguat dan mencapai level 242,2 yen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk melanjutkan kenaikan dengan cukup signifikan. Dukungan pelemahan yen dan potensi membaiknya ekonomi Amerika Serikat telah memberikan sentiment positif yang kuat pada perdagangan karet alami Tocom hari ini.

Untuk perdagangan hari ini harga karet Tocom diperkirakan akan menemui resistance di posisi 244,00 yen. Resistance selanjutnya ada di 247,00 yen. Sementara itu harga akan menemui support di posisi 237,00 ?yen dan 234,00 yen.

SUMBER : http://vibiznews.com/2015/06/08/harga-karet-tocom-melejit-kencang-lagi-akibat-anjloknya-yen/