RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas berjangka melonjak lebih dari 1% pada perdagangan Asia Kamis (29/10) pagi, seiring dari dovishnya pernyataan kebijakan moneter dari Federal Reserve dini hari tadi.

Divisi Comex New York Mercantile Exchange, emas untuk pengiriman Desember diperdagangkan dalam jangkauan yang luas, naik $1161.75 troy ons atau 1,09%. Logam mulia mungkin memperoleh dukungan di $1,138.70, rendah dari 8 Oktober dan resisten di level $1,189.00, tertinggi 14 Oktober lalu.

Ketika Komite pasar terbuka Federal merilis dengan pernyataan kebijakan moneter Oktober dini hari tadi, bank sentral AS masih mempertahankan suku bunga jangka pendek pada tingkat saat ini mendekati nol untuk pertemuan berturut-turut ke-56. Setiap keputusan yang sebaliknya akan dianggap mengejutkan dan bisa memiliki potensi yang fundamental di pasar global.

Presiden Gubernur the Fed, Janet Yellen di bulan lalu menunjukkan bahwa Fed tidak akan menaikkan harga pada pertemuan ketika data tenaga kerja belum stabil dan juga inflasi belum mencapai target. Akibatnya, CME Group Fed Watch telah menentukan bahwa ada hanya 5% kesempatan untuk kenaikan suku bunga pada bulan Oktober, dibandingkan dengan 30% probabilitas pada pertemuan FOMC pada 15-16 Desember mendatang.

Kenaikan suku bunga dipandang sebagai penurunan untuk emas, yang berjuang untuk bersaing dengan imbal hasil yang tinggi. Pada bulan September, pejabat FOMC 9-1 memilih untuk meninggalkan benchmark standar Federal Fund Rate di tingkat saat ini antara nol dan 0,25%. Sementara FOMC mencatat bahwa pengeluaran rumah tangga dan bisnis telah meningkat cukup selama dua bulan sebelumnya, hal tersebut mengungkapkan kekhawatiran bahwa perlambatan ekonomi global telah menempatkan dibawah tekanan pada inflasi.

FOMC sudah mendowngrade rata-rata prakiraan inflasi pada pertemuan 0.3% di penghujung tahun 2015, sementara menurunkan ekspektasi inflasi di penghujung tahun depan untuk 1,7%. Fed sekarang mengharapkan bahwa inflasi tidak akan mencapai target 2.0% sampai 2018. Pada perdagangan Comex lainnya, perak untuk pengiriman Desember melonjak 0.472 atau 2.98% ke 16.335 per ons. Tembaga untuk pengiriman Desember naik 0.001 atau 0.03% untuk 2.362 satu pon.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/harga-emas-terus-melambung-pasca-fomc/