RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Perdagangan bursa komoditas berjangka di hari Jumat(21/8), harga emas bertahan diperdagangkan lebih tinggi setelah ditutup menguat di sesi sebelumnya ketika menurunnya permintaan greenback ditengah spekulasi tertundanya kenaikan suku bunga oleh The Fed.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, emas berjangka pengiriman Desember telah diperdagangkan lebih tinggi 0.02% di level $1.153.40 per troy ounce di divisi Comex, New York Mercantile Exchange. Pada pagi ini, harga emas telah bergerak menyentuh level $1.151.60 untuk sesi terendah harian dan level $1.155.30 untuk sesi tertinggi harian.

Sedangkan untuk perak berjangka pengiriman September telah diperdagangkan lebih rendah dengan mencatat penurunan sebesar 0.08% di level $15.505 per troy ounce. Pada pagi ini, harga perak berjangka terlihat bergerak menyentuh level $15.495 untuk sesi terendah harian dan level $15.545 untuk sesi tertinggi harian.

Harga emas terus mencoba lanjutkan kenaikan hingga hari ini setelah berhasil ditutup naik selama dua sesi secara beruntun ketika permintaan greenback yang terus tergerus karena meningkatnya spekulasi bahwa kenaikan suku bunga The Fed akan ditunda pada bulan September mendatang.

Sedangkan kondisi pasar tenaga kerja AS yang memburuk telah menjadi faktor utama melemahnya dollar AS terpadap beberapa mata uang utama dunia. Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS menyebutkan bahwa jumlah klaim pengangguran AS telah alami kenaikan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 277K pada pekan lalu.

Meski demikian, membaiknya kondisi penjualan rumah bekas dan aktifitas manufaktur di wilayah Philadelphia terlihat mencoba membatasi pelemahan dollar AS tadi malam. Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh National Association of Realtors menyebutkan bahwa penjualan rumah bekas di wilayah AS telah naik yang disesuaikan secara musiman menjadi 5.59 juta unit pada bulan Juli. Sementara itu, berdasarkan laporan dari Federal Reserve Philadelphia menyebutkan bahwa index manufaktur telah alami kenaikan yang disesuaikan secara musiman menjadi 8.3 di bulan Agustus.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/harga-emas-terpantau-naik-di-jumat-pagi/