RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas di perdagangan Asia pada hari Selasa (16/6) pagi terlihat menguat. Setelah lonjakan dari tadi malam, seiring dari perkembangan pembicaraan utang Yunani.

Pada divisi Comex New York Mercantile Exchange, emas untuk pengiriman Agustus naik 0,05% untuk $1,186.20. Di Brussels, negosiasi antara Yunani dan kreditor internasional yang gagal untuk menjembatani kesenjangan yang lebar pada isu-isu dari reformasi pensiun, pajak. Yunani dapat kehabisan waktu sebelum bailout berakhir pada 30 Juni.

Hal ini diketahui jika Yunani memiliki cukup uang tunai dalam dana cadangan darurat untuk memenuhi pengembalian pinjaman ?1,1 miliar untuk Dana Moneter Internasional pada akhir bulan. IMF tetap bersikeras bahwa Yunani memberlakukan pemotongan secara signifikan dan memberlakukan pajak pertambahan nilai yang lebih tinggi sebelum menyetujui kesepakatan.

?Kita harus bekerja darurat karena Yunani akan jatuh ke dalam keadaan darurat,? seperti yang dikatakan Komisaris Uni Eropa Jerman Guenther Oettinger kepada wartawan. ?Pasokan energi, membayar untuk petugas polisi, obat-obatan, produk farmasi, dan banyak lagi (perlu ditutupi).?

Pada hari Senin, imbal hasil Obligasi 2 tahun Yunani melonjak hampir 300 basis poin 26.6% sebagai kemungkinan berkurangnya kesepakatan Yunani.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/harga-emas-naik-sejenak-2/