RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Harga emas mulai menggeliat di awal perdagangan Asia pada hari Kamis (11/6) pagi. Seiring dari krisis utang Yunani yang sepertinya menemui jalan buntu di tengah pelunasan di akhir bulan.

Di Comex New York Merchantile Exchange, emas untuk pengiriman Agustus naik 0.02% di level $1.186.40. Tadi malam, logam mulia juga ditutup dengan penguatan, didorong dari laporan yang muncul diantara negosiasi Yunani dan kreditor internasional.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras pada Tabu malam waktu setempat telah berbicara dengan pemimpin Eropa di Brussels namun tanpa kemajuan untuk menceapai kesepakatan. Termasuk Pertemuannya dengan Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Perancis Francois Hollande dalam upaya untuk solusi politik pembayaran bailoit Yunani.

?Kami sepakat untuk mengintensifkan upaya untuk menjembatani kesenjangan dan melanjutkan ke solusi, saya pikir kepemimpinan EU menyadari bahwa mereka harus setuju untuk sebuah solusi, dan kemungkinan pula negeri Yunani untuk kembali ke kohesi sosial dengan keamanan dan pertumbuhan, meskipun dengan utang yang berkelanjutan.? ujar Tsipras kepada para wartawan ketika ia meninggalkan KTT.

Di Brussels seperti yang dikutip Bloomberg, Kanselir Jerman Angela Merkel siap untuk menawarkan kesepakatan inkremental untuk Yunani jika negara para dewa tersebut berkomitmen untuk menerima beberapa reformasi yang diusulkan oleh kreditor di minggu lalu.

Reformasi meliputi: pengenaan pajak tinggi, penerbitan uang pensiun dan peningkatan penjualan aset negara. Merkel bisa puas dengan kesepakatan jika Yunani berkomitmen setidaknya satu dari reformasi tersebut. Sementara pada perdaganagn Comex lainya, perak untuk pengiriman Juli naik 0,15% menjadi $15.983 troy ons, tembaga untuk pengiriman Juli memperoleh 0,05% untuk $2.744 satu pon.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/harga-emas-mulai-rally/