RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Pergerakan bursa komoditas logam berjangka di hari Jumat(10/4), harga emas dan perak terpantau bergerak beragam setelah dirilisnya laporan ekonomi Tiongkok dan Australia pagi ini.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, emas berjangka pengiriman Juni telah diperdagangkan lebih tinggi dengan alami kenaikan sebesar 0.05% di level $1.194.20 per troy ounce di divisi Comex, New York Mercantile Exchange. Sejak perdagangan pagi ini, harga emas telah bergerak menyentuh level $1.193.00 untuk sesi terendah harian dan level $1.195.70 untuk sesi tertinggi harian.

Sedangkan pada perak berjangka pengiriman Mei telah diperdagangkan lebih rendah dengan alami penurunan sebesar 0.02% di level $16.172 per troy ounce dimana telah bergerak dengan menyentuh level $16.140 untuk sesi terendah harian dan level $16.193 untuk sesi tertinggi harian.

Harga emas terlihat mendapat dukungan kecil pada pagi ini setelah diirlisnya laporan inflasi Tiongkok dan laporan pasar perumahan Australia.

Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Biro Statistik Nasional menyatakan bahwa inflasi harga di tingkat konsumen mengalami kenaikan sebesar 1.4% di bulan Maret, setelah naik sebesar 1.4% di bulan Februari.

Laporan terpisah lainnya yang juga dirilis oleh Biro Statistik Nasional menyatakan bahwa inflasi harga di tingkat produsen mengalami penurunan sebesar 4.6% di bulan Maret, setelah turun sebesar 4.8% di bulan Februari.

Sementara itu di wilayah Australia, berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Biro Statistik Australia mengatakan bahwa kredit perumahan Australia telah alami kenaikan sebesar 1.2% di bulan Februari, setelah alami penurunan 3.5% di bulan Januari.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/harga-emas-menguat-tipis-pasca-data-tiongkok/