RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas bergerak menguat dalam awal perdagangan Asia, Kamis (19/6) Ditopang dari pembicaraan sekitar utang Yunani agar tidak terdepak dari zona Euro.

Pada divisi Comex New York Mercantile Exchange, emas untuk pengiriman Agustus naik 0,11% menjadi $1.200.70 troy ons. Menteri Keuangan Yunani novalis Varoufakis mengatakan pada hari Kamis, kebuntuan antara Athena dan kreditor sudah sangat dekat dengan ?bahaya?. Prosposal baru akahirnya kembali dibuat untuk membantu mencapai kesepakatan dengan kreditor.

?Kita sudah sangat dekat dengan keadaan suatu hal yang sangat berbahaya, saya secara personaly mendorong rekan-rekan agar tidak menjadi korban, kita dapat membentuk perjanjian. Pemerintah ini kita berdiri dengan ide-ide.? ujarnya.

Varoufakis membuat komentar setelah pertemuan Eurogroup di Luxembourg yang berakhir tanpa perjanjian pembiayaan untuk Yunani, dia mengatakan bahwa dirinya telah membuat sebuah proposal ?inovatif? untuk memperkenalkan sebuah Dewan fiskal yang independen, guna memonitor anggaran yang akan diberdayakan dengan sebutan ?rem defisit?. Karena secara otomatis akan diterapkan kontrol fiskal di Yunani jika proyeksi menunjukkan probabilitas tinggi untuk pergi ke defisit anggaran utama.

Sementara dari Ketua Dana Moneter Internasional IMF, Christine Lagarde memperingatkan bahwa Yunani tidak akan diberikan masa kelonggaran, jika gagal melakukan pembayaran pinjaman dari ?1.5 milyar pada akhir bulan Juni ini. Sementara pada perdagangan comex lainnya, perak untuk pengiriman Juli naik 0.02% menjadi $16.157 troy ons, tembaga untuk pengiriman Juli turun 0,05% menjadi $2.606 per pound.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/harga-emas-melonjak-naik/