RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas menyelinap di perdagangan Asia di Senin (7/9) pagi, seiring dari pasar di AS dan Kanada yang ditutup karena Labor day.

Divisi New York Merchantile Exchange, emas untuk pengiriman Desember turun 0.27% di level $1,118.40 troy ons. Harga perunggu tenggelam ke enam tahun rendah ke level $2.202 pada tanggal 24 Agustus, dikarenakan ada kekhawatiran lanjutan yang memperlambat pertumbuhan di Tiongkok dan penurunan curam pada pasar saham Tiongkok dibasahi permintaan untuk perunggu.

Seperti diketahui, bangsa Asia adalah konsumen tembaga terbesar di dunia, hampir 40% dari konsumsi dunia tahun lalu. Pekan lalu, emas berjangka merosot ke tingkat terendah lebih dari dua minggu pada hari Jumat, sebagai pelaku pasar juga diperkusut oleh kapan waktu kenaikan tingkat suku bunga oleh The Fed, menyusul rilisan data nonfarm payrolls AS pekan lalu.

Departemen tenaga kerja AS melaporkan bahwa ekonomi AS menambahkan 173,000 pekerjaan di bulan lalu, di bawah perkiraan untuk peningkatan 220.000 dan memperlambat dari keuntungan 245,000 sebulan lebih awal. Namun, tingkat pengangguran turun dari 5,3% menjadi 5,1%, lebih baik daripada harapan 5,2% dan terendah sejak April 2008.

Penghasilan per jam, komponen pekerjaan melaporkan bahwa cadangan Federal mengatakan harus bangkit, dan berdetak naik 0,3%, di atas prakiraan untuk kenaikan 0,2% dan mengikuti keuntungan sebesar 0,2% di bulan sebelumnya.

Sementara itu, Presiden Fed Richmond Jeffrey Lacker mengatakan pada hari Jumat lalu, bahwa ekonomi AS tidak lagi membutuhkan suku bunga dekat nol, hal tersebut menimbulkan spekulasi lebih atas kemungkinan kenaikan tingkat suku bunga segera setelah bulan ini.

Minggu ini, investor akan melihat pada Jumat mendatang untuk laporan AS pada harga produsen dan konsumen sentimen. Dikarenakan guna melihat indikasi untuk lebih lanjut pada kekuatan ekonomi dan kemungkinan kenaikan suku bunga jangka pendek. Pasar juga akan melihat data ekonomi Tiongkok, termasuk laporan neraca perdagangan serta data pada inflasi harga konsumen.

Pada perdagangan Comex lainnya, perak berjangka untuk pengiriman bulan September naik 0.56% menjadi $14.630 troy ons. Tembaga untuk pengiriman Desember memperoleh kenaikan 0.18% ke level $2.316 satu pon.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/harga-emas-kurang-bergairah/