RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Perdagangan bursa komoditas logam berjangka di hari Senin(9/3), harga emas dan perak terlihat mengalami rebound dengan diperdagangkan lebih tinggi setelah alami penurunan tajam pada pekan lalu ketika pertumbuhan lapangan pekerjaan Amerika telah tumbuh lampaui perkiraan dan meluasnya surplus neraca perdagangan di wilayah Tiongkok.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, emas berjangka pengiriman April telah diperdagangkan lebih tinggi 0.51% di level $1.170.10 per troy ounce di divisi Comex, New York Mercantile Exchange. Pergerakan harga emas hari ini terlihat bergerak menyentuh level 1.166.70 untuk sesi terendah harian dan level $1.171.00 untuk sesi tertinggi harian.

Sedangkan pada perak berjangka pengiriman Mei telah diperdagangkan lebih tinggi 0.28% di level $15.852 per troy ounce dengan bergerak menyentuh level $15.820 untuk sesi terendah harian dan level $15.938 untuk sesi tertinggi harian.

Penurunan tajam yang dialami oleh logam berjangka pada pekan lalu telah dipicu atas menguatnya pertumbuhan lapangan pekerjaan di wilayah Amerika, sehingga hal ini mendorong kenaikan dollar AS untuk mengalami rally mengingat pergerakan harga emas cenderung berlawan terhadap greenback.

Berdasarkan laporan yang dirilis oleh Biro Statistik Tenaga Kerja telah menyatakan bahwa Nonfarm Payrolls AS mengalami kenaikan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 295.000 di bulan Februari, yang mana seketika hasil tersebut telah menekan harga emas ke level terendah sejak Desember 2013.

Di wilayah Asia, sebuah laporan resmi yang dirilis oleh CGAC telah menyatakan bahwa surplus neraca perdagangan Tiongkok telah meluas, yang disesuaikan secara musiman menjadi 60.6B di bulan Februari, dengan sektor ekspor Tiongkok tengah alami kenaikan mencapai 48.3%.

Sementara itu, pada pergerakan harga tembaga pengiriman Mei juga terlihat alami kenaikan sebesar 0.08% di level $2.610, setelah membukukan penurunan sebesar 3.08% dalam sepakan.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/harga-emas-dan-perak-rebound-di-sesi-pagi/