RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Perdagangan bursa komoditas logam mulia di hari Jumat(21/11), harga emas dan perak mengalami kenaikan dengan diperdagangkan lebih tinggi ketika pasar masih melihat dukungan permintaan pada fisik emas jelang libur akhir tahun.

Selama berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, emas berjangka pengiriman Desember telah diperdagangkan lebih tinggi 0.18% di level $1.193.00 per troy ounce di divisi Comex, New York Mercantile Exchange. Pergerakan harga emas hari ini terpantau menyentuh level $1.191.30 untuk sesi terendah harian dan level $1.194.40 untuk sesi tertinggi harian.

Sedangkan untuk perak berjangkan pengiriman Desember telah diperdagangkan lebih tinggi 0.35% di level $16.193 per troy ounce, dengan menyentuh level $16.188 untuk sesi terendah harian dan level $16.252 untuk sesi tertinggi harian.

Di sesi sebelumnya, harga emas sempat terpantau mendapat dukungan untuk bergerak ke atas setelah dirilisnya laporan pasar tenaga kerja AS sehingga melemahkan dolar AS, mengingat pergerakan emas cenderung berlawan terhadap greenback.

Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS menyatakan bahwa angka klaim pengangguran telah mengalami penurunan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 291.000.

Meski demikian, kenaikan yang dialami oleh emas berjangka telah dibatasi oleh laporan aktifitas manufaktur Philadelphia yang mengalami lonjakan kenaikan dengan melampaui perkiraan pasar. Federal Reserve wilayah Philadelphia menyatakan bahwa PMI Manufaktur telah alami kenaikan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 40.8 di bulan November.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/harga-emas-dan-perak-naik-di-sesi-pagi/