RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas berjangka masih mengalami gerakan menurun pada Rabu (15/7). Di tengah dolar yang datar, Iran yang mencapai kesepakatan nuklir dengan mitra Barat dan Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras mencari dukungan dari kreditor dengan zona euro.

Divisi Comex New York Mercantile Exchange, emas untuk pengiriman Agustus jatuh 1.10 atau 0.10% ke level 1,155.30 troy ons. Di Athena, kesepakatan memerlukan parlemen untuk meratifikasi empat langkah-langkah yang berkaitan dengan pajak, reformasi pensiun dan anggaran untuk memicu suara dari enam parlemen nasional lainnya di seluruh zona euro.

Menteri ekonomi Yunani, George Stathakis meramalkan bahwa Tsipras akan menunggu sampai setelah pemungutan suara untuk perombakan kabinet, dikutip dari Bloomberg, Stathakis mengatakan dia percaya Bank Yunani tidak dibuka kembali sampai program bailout disetujui oleh parlemen nasional.

Sementara itu, para pejabat dari Dana Moneter Internasional mendesak zona euro untuk menyediakan program kesinambungan utang, dengan menawarkan masa tenggang 30-tahun bagi bangsa kekurangan uang untuk membayar hutang. Sementara kreditur Eropa mempertimbangkan mendorong kembali pembayaran tanggal dan pemotongan suku bunga pada pinjaman kepada Yunani melalui mekanisme stabilitas Eropa (ESM).

Perdagangan Comex lainnya, perak untuk pengiriman September jatuh 0.134 atau 0,87% ke 15.323 per ons. Tembaga untuk pengiriman September turun 0.011 atau 0. 44% menjadi 2.533 satu pon.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/harga-emas-cenderung-turun-2/