PT Rifan Financindo – PALEMBANG – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2017, harga sejumlah bahan pokok di berbagai pasar tradisional yang ada di Kota Binjai, Sumatera Utara, mulai mengalami kenaikan.

“Kenaikan yang paling signifikan terjadi pada telur ayam, biasanya, satu papan telur dijual dengan harga kisaran Rp 4.000, kini naik menjadi Rp 40.000,” kata salah seorang pedagang pasar Tavip Binjai Emiati Binjai, Selasa .

Emiati menjelaskan, kenaikan harga telur itu disebabkan banyaknya permintaan konsumen sementara telur yang didatangkan dari berbagai peternakan yang ada di sekitar Langkat dan Binjai berkurang.

“Bila pasokan bertambah diyakini harga telur akan turun namun hingga sekarang ini pasokan belum kembali normal sehingga harga terus naik,” katanya.

Sementara untuk harga kebutuhan pokok lainnya juga mengalami kenaikan seperti harga tomat yang sebelumnya Rp8.000 per kg kini menjadi Rp10.000 per kg Adapun komoditas turun adalah cabai merah dari Rp60.000 menjadi Rp52.000 per kg. Sedangkan harga bawang merah masih stabil yakni sekira Rp25.000 per kg.

Untuk komoditas lainnya juga masih dalam keadaan normal dan belum ada kenaikan harga.

(rai)

Sumber : Okezone

 

harga-minyak-indonesia-naik-jadi-usd46-6-barel-fhpMowgW6wDampak Positif di Balik Pertemuan OPEC

PT Rifan Financindo – PALEMBANG – Pertemuan OPEC beberapa waktu lalu turut berdampak positif bagi ekonomi nasional. Harga minyak dunia pun kini telah menjadi lebih baik dibandingkan awal tahun lalu.

Menurut catatan CORE Indonesia, Keputusan OPEC untuk memangkas produksinya pada awal Desember tahun ini sebesar 1,2 juta barel per hari dari 33,7 juta menjadi 33,5 juta barel per hari, telah mengangkat harga minyak di pasar global menjadi USD52 per barel. Padahal, harga minyak dunia sempat terpuruk hingga USD26 per barel pada pertengahan Januari lalu.

Ekonom CORE Indonesia Mohammad Faisal menuturkan, keputusan OPEC ini juga diiringi oleh mulai membaiknya harga komoditas. Di antaranya yang mengalami kenaikan adalah CPO dan batu bara.

“Batu bara dan CPO juga terus merangkak naik. Harga batubara pada November 2016 meningkat menjadi USD107 per ton, tertinggi dalam tiga tahun terakhir, sementara harga CPO naik 33% dari USD568 per ton pada Desember tahun lalu menjadi menjadi USD755 per ton,” jelasnya di Kantor CORE, Jakarta, Selasa (20/12/2016).

Diharapkan, keadaan ini dapat terus bertahan pada tahun 2017 mendatang. Dengan begitu, maka ekonomi global dapat tumbuh pesat sehingga ekonomi Indonesia juga dapat tumbuh di atas angka yang telah ditargetkan.

“Asumsinya untuk 2017 itu 3,6% ekonomi global dapat tumbuh. Lebih tinggi dari tahun sebelumnya,” tutupnya.

(rai)

Sumber : Okezone