PT Rifan Financindo – JAKARTA – Hari ini, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil menggelar halalbihalal di Kantor Kementerian PPN, Jalan Taman Suropati, Jakarta Pusat. Halalbihalal dengan tema mengukuhkan silaturahmi, memantapkan sinergi ini dimulai pada pukul 10.10. WIB atau molor 10 menit dari jadwal sebelumnya.

Sebelum memulai ajang silaturahmi tahunan ini, Sofyan sempat memberikan sambutan singkat. Dalam sambutannya, Sofyan sempat terkejut dengan banyaknya jumlah PNS di lingkungan Kementerian PPN.

“Saya tidak sadar batalyon Bappenas ini ternyata besar,” kata Sofyan dalam pembukaan acara halalbihalal di Kantor Kementerian PPN yang diikuti oleh gelak para hadirin, Jakarta, Senin (11/7/2016).

Sofyan menuturkan, dirinya berencana ingin mengubah budaya silaturahmi tahunan ini. Apabila biasanya pegawai yang mendatangi Menteri untuk bersalaman, maka Sofyan ingin sebaliknya, yaitu dengan mendatangi pegawai untuk bersalaman.

Sontak ide ini mendapatkan tepuk tangan meriah dari pegawai kementerian. Namun, ide ini tidak dapat dijalankan karena besarnya jumlah pegawai yang hadir.

“Saya kemarin minta lebih simpel, atau semua antre lalu kita yang salami. Tapi ternyata tradisi seperti ini (menghampiri Menteri untuk bersalaman) yang paling fleksibel. Tapi menurut saya ini enggak efisien, tapi setahun sekali tidak apa,” canda Sofyan.

Sofyan pun sempat kembali bergurau dalam sambutan singkatnya selama sekira dua menit tersebut. Menurutnya, ajang silaturahmi ini dapat digunakan untuk memaafkan secara personal. Namun tidak secara administrasi.

Candaan ini pun berhasil mencairkan suasana halalbihalal, terutama bagi pegawai yang telah menunggu sejak pagi tadi.

“Salah secara personal mari kita maafkan, tapi secara administrasi silakan diurus,” tutup Sofyan yang kembali diikuti gelak para hadirin.

Saat ini, ratusan pegawai Bappenas masih antre untuk dapat bersalaman dengan mantan Menteri Koordinator bidang Perekonomian ini. Aula yang disediakan pun tampak penuh sesak oleh antrean PNS di lingkungan Kementerian PPN.

(rai)

Sumber : Okezone