JAKARTA – Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di seluruh penjuru Indonesia dipastikan akan mendapat 14 kali gaji pada tahun ini. Pemerintah memastikan akan segera mencairkan gaji ke-13 dan gaji ke-14 (Tunjangan Hari Raya/THR) untuk PNS pada Juli mendatang.

Direktur Eksekutif INDEF, Enny Sri Hartati menyebutkan, pencairan gaji ke-13 dan THR PNS pada Juli mendatang ini disebut tidak akan mengancam perekonomian dengan adanya kenaikan inflasi.

Menurut dia, inflasi tidak akan terjadi karena saat ini daya beli masyarakat terbilang masih sangat lesu.

“Enggak ada (ancaman inflasi). Karena daya beli drop,” ujarnya kepada Okezone, di Jakarta, belum lama ini.

?[Baca juga: Berapa Gaji Ke-13 yang Diterima Pensiunan PNS?]

Permintaan terhadap konsumsi pada tahun ini, lanjut dia, dapat dikatakan tidak terlalu signifikan. Bahkan, sekalipun ketika akan masuk momentum di mana bahan pokok akan naik, yakni momen musiman atau terjadi setahun sekali. Misalnya ketika Ramadan dan Idul Fitri.

Apalagi, sudah dua minggu ini harga-harga kebutuhan pokok mengalami gejolak. Alhasil, banyak masyarakat yang sengaja menahan daya beli, sehingga konsumsi rumah tangga pun bisa terbilang rendah.

“Karena memang step awalnya relatif, permintaan itu rendah. Apalagi sudah dua minggu gejolak harga,” tuturnya.

Maka dari itu, dia meminta agar pemerintah terus berupaya menjaga harga-harga kebutuhan pokok agar tetap stabil. Jika tidak, maka belum tentu pada Ramadan hingga Idul Fitri mendatang akan terjadi peningkatan permintaan.

“Kalau terjadi inflasi, iya. Tapi inflasi lebih bukan karena peningkatan permintaan, tapi dari sisi pasokan,? pangkasnya.

(rai)

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/05/20/20/1393651/gaji-ke-13-dan-thr-pns-tak-akan-ancam-kenaikan-inflasi