RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Pemerintah zona euro pada hari Selasa berjuang menemukan cara agar Yunani mendapatkan beberapa pembiayaan jangka pendek yang mana sangat dibutuhkan dalam beberapa hari ke depan, tapi hambatan hukum dan politik menyebabkan usaha tersebut menjadi lebih rumit, kata para pejabat Eropa.

Tapi sebelum kesepakatan bailout baru selesai, Yunani membutuhkan sekitar 7 milyar euro sampai tanggal 20 Juli untuk menghindari default pada obligasi yang dimiliki oleh Bank Sentral Eropa dan untuk menghapus 2 milyar euro pada tunggakan utang kepada Dana Moneter Internasional (IMF).

Jika Athena gagal membayar kepada ECB, maka bank sentral secara umum diharapkan untuk memotong likuiditas darurat kepada bank Yunani. Hal ini akan menyebabkan mereka bangkrut, sehingga hampir tak terelakkan bahwa pemerintah Yunani akan harus mencetak mata uang baru untuk membangun kembali ?kehidupan? mereka.

Para pejabat senior dari departemen keuangan zona euro sedang mendiskusikan pilihan untuk apa yang disebut bridge financing sejak dari hari Selasa pagi. Solusi yang diusulkan dari beberapa pemerintah atau akan menghadapi kesulitan hukum atau teknis.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/eurozone-menghadapi-hambatan-demi-yunani/