PT Rifan Financindo – JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong emiten untuk memanfaatkan kebijakan amnesti pajak yang berpotensi membawa dana repatriasi dalam jumlah besar.

Kami mendorong Bapak/Ibu sekalian selaku direktur dan komisaris emiten dan para calon emiten baru, serta para direktur dan komisaris perusahaan efek untuk mari bersama-sama memanfaatkan peluang ini,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad di Jakarta.
BERITA REKOMENDASI

Dana Kelola Reksa Dana Capai Rp324,80 Triliun
Terbitkan MTN Rp45 Miliar, Perumnas Agresif Himpun Dana di Bursa
Anak Usaha Cipta Kridatama Raih Kontrak Baru

“Kami sangat mendorong emiten atau calon emiten yang sudah memiliki rencana untuk menerbitkan instrumen investasi baik saham atau surat utang, untuk segera bergerak lebih cepat melakukan penerbitan instrumen investasi,” tambahnya.

Menurutnya, hasil dana repatriasi tersebut nantinya dapat dimanfaatkan emiten ataupun calon emiten baru untuk mendanai berbagai proyek di sektor riil yang ditawarkan pemerintah. Berbagai instrumen investasi keuangan dapat dimanfaatkan untuk menampung dana hasil repatriasi tersebut.

Sesuai dengan Pasal 6 angka (2) PMK Nomor 119 /PMK.08/20163, jenis instrumen investasi yang dapat digunakan dalam rangka amnesti pajak antara lain efek bersifat utang, termasuk MTN, sukuk, saham, unit penyertaan reksa dana, efek beragun aset, unit penyertaan dana investasi real estat, deposito, tabungan, giro, kontrak berjangka yang diperdagangkan di bursa berjangka di Indonesia.

Selain itu, juga terdapat instrumen investasi pasar keuangan lainnya termasuk produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi, perusahaaan pembiayaan, dana pensiun, atau modal ventura, yang mendapatkan persetujuan OJK.

Selain itu, kata Muliaman, OJK juga mendorong perusahaan efek di pasar modal Indonesia untuk lebih berperan aktif, mensosialisasikan program tax amnesty ini kepada para nasabahnya atau calon emiten baru dan mendorong mereka untuk memanfaatkan berbagai instrumen yang tersedia di pasar modal.
(mrt)

Sumber : Okezone