RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Perdagangan bursa komoditas berjangka di hari Senin(29/6), harga emas dan perak telah diperdagangkan lebih tinggi ketika perhatian pasar yang terus berfokus kepada perkembangan yang terjadi di Yunani.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, emas berjangka pengiriman Agustus telah diperdagangkan lebih tinggi dengan mencatat kenaikan sebesar 1.00% di level $1.184.90 per troy ounce di divisi Comex, New York Mercantile Exchange. Pergerakan harga emas pada pagi ini terlihat bergerak menyentuh level $1.181.40 untuk sesi terendah harian dan level $1.187.30 untuk sesi tertinggi harian.

Sedangkan untuk perak berjangka pengiriman September telah diperdagangkan lebih tinggi dengan mencatat kenaikan sebesar 0.86% di level $15.903 per troy ounce, dimana perak berjangka terlihat bergerak menyentuh level $15.870 untuk sesi terendah harian dan level $16.020 untuk sesi tertinggi harian.

Kelanjutan atas perkembangan yang terjadi di wilayah Yunani akan menjadi fokus pasar dalam sepekan ini, menyusul kebuntuan yang terjadi antara Yunani dengan kreditur internasional. Pada hari Minggu kemarin, Dewan Stabilitas Keuangan telah merekomendasikan bursa efek dan perbankan Yunani untuk tidak beroperasi dalam sepekan.

Sementara itu, parlemen Yunani juga telah menyetujui langkah yang diajukan oleh PM Alexis Tsipras untuk melakukan referendum nasional demi menentukan nasib negosiasi bailout negara pada 5 Juli mendatang.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/emas-berjangka-naik-di-awal-pekan/