RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Mengakhiri perdagangan Sabtu dini hari lalu harga emas mengalami penurunan tajam (8/6). Harga logam mulia mengalami pelemahn hingga sempat mencapai posisi paling rendah dalam 11 minggu belakangan. Dollar yang makin jumawa terhadap rival-rivalnya telah memberikan dorongan pelemahan yang kuat terhadap harga emas.

Dollar melejit kencang setelah data dari sektor tenaga kerja Amerika Serikat menunjukkan kondisi yang positif Jumat malam lalu. Non farm payrolls mengalami kenaikan sebesar 280 ribu orang pada bulan Mei lalu. Peningkatan ini merupakan yang terbesar sejak bulan Desember. Kenaikan NFP juga jauh melampaui estimasi yang hanya mengharapkan terjadi kenaikan sebesar 225 ribu orang.

Dollar mengalami kenaikan mantap sebesar 1,1 persen terhadap enam rival utamanya yang ada dalam indeks dollar. Tingkat pengangguran yang bertahan di level 5,5 persen juga turut memberikan bayangan yang cukup cerah mengenai kondisi sektor tenaga kerja.

Di akhir perdagangan akhir pekan lalu harga emas spot terpantau mengalami pelemahan tajam. Harga logam mulia tersebut mengalami penutupan di posisi 1.170,75 dollar per troy ons. Dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya terjadi pelemahan sebesar 5,85 dollar atau 0,5 persen. Harga emas spot LLG tersebut sempat melempem hingga ke level 1.162,40 dollar, terendah sejak tanggal 19 Maret lalu.

Pada perdagangan Senin pagi harga emas spot LLG terpantau mengalami pergerakan yang masih terbatas dan cenderung stagnan, tidak bergerak banyak dari posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu. Harga saat ini diperdagangkan pada posisi 1171,50 dollar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG? hari ini akan bergerak dengan kecenderungan untuk bergerak sideways dan terbatas di sesi Asia. Harga emas kemungkinan akan melanjutkan penurunannya pada sesi Eropa dan Amerika Serikat.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level support pada posisi 1.162 ?dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan penurunan lagi ke posisi 1.155 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan rebound harga akan mengetes level resistance pada posisi 1.180 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan ke posisi 1.185 dollar.

SUMBER : http://vibiznews.com/2015/06/08/ekonomi-as-membaik-harga-emas-llg-terpukul/