RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emiten pertambangan batu bara milik negara, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) telah mendirikan anak usaha baru pada sektor jasa rumah sakit pada 23 Desember 2014, melalui anak usahanya PT Bukit Multi Investama (BMI). Perusahaan yang baru berdiri tersebut bernama PT Bukit Asam Medika.? Perusaan ini ?berdomisili di dekat wilayah pertambangan , yaitu di Tanjung Enim, Sumatera Selatan.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Bukit Asam Joko Pramono mengatakan, perseroan?baru tersebut didirikan sejalan dengan transformasi yang dilakukan perseroan. Perseroan terus mengembangkan struktur organisasi yang lebih fokus, dinamis, cepat dan flesibel serta mampu ?meningkatkan efisiensi.? Terutama di bidang fasilitas kesehatan bagi karyawan dan pelaksanaan tanggung jawab sosial sebagai kegiatan usaha utama perseroan.

BMI menjadi pemegang 97,5% saham Bukit Asam Medika, sedangkan sisanya dimiliki oleh PT Dana Bara Medika. Jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh perusahaan rumah sakit ini sebesar Rp 10 miliar. Dengan demikian, modal yang telah disetor PTBA sebesar Rp 9,75 miliar.

Disampaikan juga, ?Bukit Asam menargetkan bakal menuntaskan ?dua aksi akuisisi pada kuartal I-2015. Perseroan akan membeli satu perusahaan jasa penambangan dan Ignite Energy Resources Ltd, perusahaan tambang batubara asal Australia.? Saat ini perseroan dalam proses penyelesaian perjanjian investasi atas pengambilalihan 95% saham perusahaan jasa penambangan. Aksi tersebut diilakukan melalui anak usaha perseroan PT Bukit Multi Investama dan ditargetkan selesai pada Januari 2015.

Di sisi lain, ?perseroan akan melanjutkan ekspansi dengan merealisasikan akuisisi Ignite Energy. Sebelumnya, perseroan menargetkan akuisisi perusahaan tersebut rampung pada akhir 2014 namun molor menjadi tahun depan. Rencana aksi akuisisi Ignite Energy dipandang bakal menjadi prospek yang menjanjikan. Perusahaan itu memiliki teknologi catalic hydro-thermal reactor (Cat-HTR). Teknologi tersebut mampu merubah batubara menjadi minyak synthetic crude oil. Selain itu, teknologi ini juga memungkinkan mengubah batubara lignite menjadi batubara berkalori tinggi atau pulverized coal injection system (PCI).

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/dukung-transformasi-perseroan-bukit-asam-dirikan-anak-usaha-baru/