Pada perdagangan siang ini, dollar AS sementara kembali menguat pada penutupan sesi Australia dan pertengahan sesi Asia di pasar mata uang, dimana para pelaku pasar masih dirundung kebimbangan kembali jelang Fed minutes pada Kamis dinihari nanti.

Indeks dollar yang membandingkan rata rata dollar AS dengan 6 mata uang utama dunia lainnya bergerak dari level penutupan semalam 85.630 ke level bergerak siang ini di 85.860 disertai dengan pergerakan aussie?s dollar yang bergerak dari level penutupan sebelumnya di level 0.8817 ke level pelemahan Aussie dollar ke 0.8770 siang ini.

Wacana akan segera berakhirnya program stimulus dari the Federal Reserve membuat para pelaku pasar cenderung kembali mengoleksi dollar AS sebagai portfolionya sejenak hingga melihat potensi stimulus dan perubahan suku bunga AS makin jelas.

Aussie dollar sendiri terus mendapat tekanan lagi setelah kemarin bank sentral Australia, RBA, untuk kesekian kalinya tidak merubah kebijakan moneternya yang telah dipertahankan sejak Agustus tahun lalu.

IMF yang telah merevisi perkiraan pertumbuhan ekonomi global juga memberi dampak dan arah serta isyarat bahwa pasar harus mencari mata uang yang mempunyai suku bunga rendah atau biasa kenal dengan safe haven currencies. Menurut IMF, pertumbuhan ekonomi global akan berkembang sebesar 3.8% dan ini mengalami penurunan dari perkiraan sebelumnya yang tumbuh 4%.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/dollar-as-menguat-sejenak-jelang-fed-minutes/