Pada perdagangan valuta asing di hari Kamis(16/10) mata uang dolar AS mengalami beragam pergerakan terhadap mata uang utama lainnya hari ini, setelah sebelumnya jatuh terbebani laporan ekonomi AS.

Selama berlangsungnya perdagangan, EURUSD dipegangakan menguat 0.02% di level 1.2837, USDJPY diperdagangkan menguat 0.02% di level 105.93, dan AUDUSD melemah 0.34% di level 0.8800.

Sebelumnya, Euro berada di bawah tekanan ?di tengah kekhawatiran atas prospek pertumbuhan di zona euro setelah data pada hari Selasa menunjukkan bahwa produksi industri menurun lebih dari yang diperkirakan pada bulan Agustus, sementara angka bulan Juli direvisi turun.

Dolar AS ditutup melemah terhadap mata uang utama lainnya pasca laporan ekonomi AS.

Pada wilayah AS, Biro Sensus melaporkan sebelumnya bahwa penjualan ritel AS turun menjadi 0.3% di bulan September, melebihi perkiraan untuk penurunan 0.1%, setelah berada di 0.6% pada bulan Agustus.

Penjualan ritel inti, yang mengecualikan kendaraan bermotor dan suku cadang, turun menjadi 0.2% pada bulan September, setelah naik 0.3% di bulan sebelumnya.

Sebuah laporan terpisah menunjukkan bahwa inflasi harga produsen AS tergelincir 0.1% pada bulan September, pasar perkirakan produsen AS untuk naik menjadi 0.1%.

The Fed pada wilayah New York melaporkan juga bahwa indeks manufaktur jatuh ke posisi terendah enam bulan menjadi 6.2 pada Oktober, dari 27.5 pada bulan September. Pasar memperkirakan indeks untuk turun ke 25.5 bulan ini.

Indeks Dolar, yang menunjukan kinerja greenback terhadap mata uang utama lainnya, telah diperdagangkan menguat 0.08% di level 84.93.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/dolar-as-mixed-dalam-sesi-asia/