JAKARTA – Dalam mengejar penerimaan pajak, Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi berpendapat, tidak perlu lagi menurunkan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) yang sudah ditetapkan sebesar Rp36 juta per tahun.

“Tidak usah. Justru jangan diturunkan, dinaikkan biar kalian duitnya banyak supaya daya beli naik, produksi meningkat, bayar pajak lagi,” kata Ken, Senin (7/3/2016).

Dirinya pun enggan berkomentar soal revisi penerimaan pajak dalam APBN-Perubahan 2016. Menurut Ken, hal tersebut adalah kebijakan dari pemerintah.

“Wah itu Policy. Direktorat Jenderal Pajak hanya melaksanakan tugas. Pertama kerja, kerja, yang ketiga kerja lagi,” tukasnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengakui jika realisasi penerimaan pajak selama Januari 2016 di bawah realisasi tahun lalu.

“Memang Rp3 triliun, di bawah tahun lalu. Tapi itu sebagian besar yakni Rp2 triliun karena penerimaan PPh migas turun,” ungkap Bambang, di Istana Negara.

(rzy)

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/03/07/20/1329646/dirjen-pajak-tidak-perlu-turunkan-ptkp-rp36-juta-per-tahun