JAKARTA – Maskapai penerbangan Citilink Indonesia kedatangan pesawat baru jenis Airbus A320. Pesawat baru ini merupakan rangkaian dari penambahan delapan pesawat baru hingga akhir 2016.

Pesawat Airbus A320 ini menjadi pesawat ke-37 Citilink yang langsung dipergunakan untuk membuka rute-rute baru, seperti tiga rute baru di awal tahun ini. Citilink akan membuka tiga rute baru, yaitu Jakarta-Medan-Banda Aceh, Medan-Pekanbaru dan Pekanbaru-Bandung.

Presiden Direktur Citilink Albert Burhan menjelaskan, selain mendatangkan pesawat untuk melintasi langit Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), tetapi penambahan pesawat baru Citilink lainnya untuk memperluas frekuensi penerbangan rute hingga ke timur Indonesia.

“Di samping itu juga akan meningkatkan frekuensi penerbangan di rute-rute yang sudah ada, dan penerbangan ke kawasan timur Indonesia,? katanya di Hangar 4, Garuda Maintenance Facility (GMF) Cengkareng, Selasa (1/3/2016).

Albert menjelaskan, Citilink memang merencanakan untuk mendatangkan delapan pesawat baru guna melengkapi armadanya yang akan berjumlah 44 pesawat pada akhir 2016.

“Untuk pengoperasian pesawat-pesawat baru itu, kami akan menyiapkan perencanaan untuk merekrut pilot-pilot dan awak kabin tambahan,” jelasnya.

Kedatangan pesawat baru ini juga memenuhi target jumlah penumpang yang diangkut sebanyak 12,6 juta pada tahun ini.

Citilink Indonesia menargetkan jumlah penumpang terangkut sepanjang 2016 sekitar 12,6 juta penumpang atau naik sekitar 30 persen dari taksiran realisasi penumpang terangkut pada 2015 yang mencapai 9,7 juta penumpang. Realisasi jumlah penumpang pada 2015 masih belum final karena masih dalam proses perhitungan secara lebih mendalam. Sedangkan, jika dibandingkan dengan realisasi pada 2014, taksiran 9,7 juta penumpang pada 2015 itu, mengalami peningkatan sekitar 26 persen.

(rzy)

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/03/01/320/1324605/citilink-tambah-frekuensi-penerbangan-ke-timur-indonesia