Rifan Financindo – PALEMBANG – MASIH banyak orang yang bergelut di dunia bisnis kesulitan memilih sekuritas yang pasti dan juga jelas. Banyak poin yang harus diperhatikan dalam memilih sekuritas. Jika diibaratkan maka memilih sekuritas sama sulitnya memilih pasangan hidup. Anda harus benar-benar memilah dan memilih mana yang cocok dan sesuai dengan sekuritas serta usaha dan bisnis

Apalagi jika anda baru menjadi investor atau memahami berbagai pialang dan broker. Mungkin harus dibiasakan untuk adaptasi dengan perusahaan sekuritas. Lalu bagaimana untuk memilih perusahaan sekuritas yang tepat.

1. Kemampuan Riset

Perusahaan sekuritas yang sangat berkualitas harus memiliki unit riset yang memang berkompeten di bidangnya. Sama halnya perusahaan besar menyewa ahli untuk mengelola bidang yang dikuasai, maka perusahaan sekuritas memiliki andil yang sama. Mereka melakukan riset yang menghasilkan analisa kompeten, netral dan tentunya objektif. Selain ketepatannya, seberapa banyak dan semakin besar cakupan serta seringnya riset menjadikan perusahaan tersebut memiliki kualitas yang sangat baik.

2. Bersih

Anda tentu tahu bermain di dunia ekonomi banyak sekali perusahaan yang bermain curang dan melegalkan berbagai bentuk atau sistem. Sayangnya hal tersebut jangan sampai terpilih oleh anda. Sebenarnya kecurangan dan hal-hal seperti pelanggaran membawa dampak buruk, meskipun tidak dirasa langsung. Pastikan anda memilih perusahaan sekuritas yang sudah terkena sanksi dari otoritas bursa. Selain itu pilih yang jenis track recordnya tentu saja bersih.

3. Komisi

Komisi atau fee pada setiap transaksi yang dilakukan investor baik jual maupun beli bisa diperhatikan. Pilih juga biaya yang paling murah, di mana anda tidak mengabaikan kualitas pelayanan meskipun biaya transaksinya murah. Pastikan juga berapa jumlah deposit minimal yang harus diberikan, serta konfirmasikan bunga yang anda terima atas deposit pada perusahaan sekuritas tersebut.

4. Pialang Online

Pialang online bisa anda lakukan jika memang memiliki keterbatasan akses seperti bekerja atau ibu rumah tangga. Pialang online membutuhkan realtime online dengan fasilitas dan fitur trading. Kriteria pialang online yang baik adalah dapat mengeksekusi trading sangat cepat. Peran perusahaan sekuritas atau pialang memang sungguh penting. Jual beli efek bisa dilakukan karena mereka.

5. Memiliki izin

Dari sekian banyak poin, memilih perusahaan sekuritas juga harus memiliki izin. Di mana poin ini bisa dikatakan penting dalam memilih perusahaan sekuritas. Anda harus tahu perusahaan mana saja yang memang layak untuk dibuat kerja sama dan melakukan sekuritas. Pialang harus memiliki izin wakil perantara pedagang efek atau disebut WPPE, wakil manajer investasi atau WMI dan wakil penjamin emisi atau WPE yang biasa dikeluarkan oleh BAPEPAM.

Selain itu untuk mendaftarkan ke BEI atau bursa efek Indonesia maka anda harus memiliki Surat Persetujuan Anggota Bursa atau (SPAB).

6. Pengalaman

Tentu anda percaya bahwa pengalaman merupakan guru yang paling baik dan paling penting. Di mana anda akan memilih perusahaan sekuritas yang sudah lama berdiri dan malang melintang di dunia pialang. Tentu dengan begitu mereka mengetahui modal dan saham secara matang dan menyeluruh. Perhatikan juga oleh anda posisi modal dan pemegang saham, terutama saham terbesar. Bekerja sama dengan perusahaan berpengalaman juga bisa membuka wawasan anda akan saham.

7. Data realtime

Terakhir yakni data realtime atau informasi yang bersifat aktual mengenai perdagangan saham dan hal-hal yang mempengaruhinya. Anda tentu tahu bahwa saham memiliki laju naik turun dalam waktu yang singkat. Bahkan tak jarang para pemain saham memperhatikan turun naik saham dan sengaja memantau. Maka anda juga harus memilih perusahaan yang punya perhatian sama akan saham. Pilih perusahaan yang menyediakan fasilitas mengakses data realtime secara gratis dan mudah.

Rata-rata perusahaan sekuritas memang berbasis di Indonesia tepatnya di Jakarta. Setiap perusahaan memiliki ketentuan berbeda-beda, seperti nilai saham yang berbeda ketika deposit atau setoran awal, kemudian persen fee yang ada sekitar 0.25% sampai 0.35%.

(rzy)

Sumber : Okezone