RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bursa saham Asia tergelincir ke titik terendah tiga minggu dan dolar tercatat merosot setelah laporan ekonomi Tiongkok yang lemah menghidupkan kembali kekhawatiran tentang perekonomian yang masih rapuh dan menyebabkan penurunan tajam di Wall Street.

Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang turun 0,7% pada awal perdagangan, menyentuh level terendah sejak tanggal 8 September. Indeks saham Nikkei Jepang jatuh 2,4%.

Profit perusahaan industri Tiongkok jatuh pada tingkat tercepat dalam empat tahun, berdasarkan laporan resmi yang rilis pada hari Senin, dimana hal tersebut memicu kekhawatiran baru tentang kekuatan ekonomi di negara tersebut menjelang pembacaan akhir dari China Caixin Purchasing Managers Index pada hari Kamis.

Di Wall Street, Senin, indeks utama semua ditutup turun tajam. Indeks S & P 500 mencapai titik terendah satu bulan pada data belanja konsumen mengalami bullish pada bulan Agustus dan otomatis menimbulkan kekhawatiran bahwa Federal Reserve bisa menaikkan suku pada saat berkurangnya pertumbuhan global.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/bursa-saham-asia-merosot/