RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Volatilitas di Tiongkok meresahkan pasar Asia, Selasa, dengan saham di Shanghai melanjutkan kerugian menjelang keputusan penting tentang kebijakan moneter oleh bank sentral di Jepang dan Amerika Serikat.

Shanghai Composite Index turun 3,5% menjadi ditutup pada 3.005,17, menambah kerugian sebesar 2,7% yang diderita pada sesi Senin. Penurunan itu juga menekan saham di tempat lain termasuk Australia S & P ASX 200 yang jatuh 1,5%, dan Hang Seng Index turun 0,5%.

Nikkei Stock Average naik 0,3%, memangkas keuntungan setelah Bank of Japan mempertahankan keputusan program pelonggaran saat ini. Ada spekulasi bahwa BOJ akan mengambil langkah-langkah pelonggaran tambahan untuk meningkatkan ekspektasi inflasi dan merangsang ekonomi.

Walaupun pemerintah Tiongkok telah turun tangan untuk menopang pasar domestik, munculnya laporan dari Tiongkok yang mengecewakan telah mendorong penjualan lebih lanjut. Volatilitas muncul lagi setelah benchmark Shanghai mengalami keuntungan minggu lalu untuk pertama kalinya sejak pertengahan Agustus.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/bursa-asia-ditutup-melemah/