SUKABUMI – PT Bank Republik Indonesia (BRI) sepakat untuk mengucurkan kredit modal kerja kepada PT Permodalan Nasional Madani (PNM) sebesar Rp500 miliar dengan tenor selama dua tahun dan bunga sekitar 10,5 persen.

Direktur Bisnis Kelembagaan BRI Muhammad Irfan mengatakan, kucuran kredit modal kerja kepada PNM merupakan bentuk sinergi antara BUMN untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat.

“Jadi PNM itu salah satu BUMN yang memfasilitasi pengusaha yang tidak bankable, PNM di situ masuk,” kata Irfan di Pondok Wirausaha Dewin Assalam SQI, Sukabumi, Selasa (19/4/2016).

Irfan menuturkan, kerjasama yang dilakukan BRI dengan PNM ini juga lantaran BRI tidak bisa menjangkau para wirausaha yang sangat mikro. Artinya, PNM menjadi kepanjangan tangan BRI dalam memberikan fasilitas permodalan.

?[Baca juga: BRI Terima Tantangan Suku Bunga Single Digit]

“Rp500 miliar itu baru kali ini, karena kan PNM juga masih punya modal dan mendapat PMN,” jelasnya.

Mengenai pemberian pembiayaan kepada masyarakat, kata Irfan, PNM akan memanfaatkan pinjaman modal kerja tersebut kepada para wirausaha yang sangat kecil, sedangkan BRI akan melengkapi sektor sisanya.

Seperti halnya Slamet Wuryadi, salah satu wirausaha yang mendapatkan fasilitas kredit dari BRI. Irfan menceritakan, rekam jejak Slamet Wuryadi merintis dari wirausaha yang tidak bankable hingga saat ini menjadi pengusaha yang sudah berada di kelas menengah.

“Kalau Slamet itu kelasnya sudah yang menengah, yang miliaran, bukan kelas KUR, kalau KUR itu kan baru punya 500 ekor, kalau Pak Slamet kan sudah punya 300 ribu,” tandasnya.

(rai)

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/04/19/320/1366945/bri-kucurkan-rp500-miliar-kepada-pnm