PT Rifan Financindo – JAKARTA – Pesatnya pertumbuhan pasar e-commerce dalam negeri, membuat Tokopedia dan Lazada memiliki penguasaan pasar yang cukup signifikan di dalam negeri. Pasalnya, hampir sebagian besar masyarakat dalam berbelanja online lebih familiar mengingat brand tersebut.

Dalam hasil survei WPP dan Millward Brown, sebuah lembaga penelitian global yang melakukan survei dan penilaian terhadap brand-brand Indonesia, ternyata Tokopedia masuk dalam brand yang mempunyai pengaruh besar untuk top brand di Indonesia, yaitu berada di urutan ke 19 di atas Lazada yang berada di urutan ke 20.

?Pertumbuhan Indonesia yang cepat dan tingginya keyakinan konsumen Indonesia mendorong majunya perkembangan sebuah brand. Masyarakat Indonesia memiliki kesempatan untuk memilih produk dengan merek yang beragam dan terbiasa untuk merekomendasikan merek yang mereka sukai kepada konsumen lain,” kata pimpinan WPP Indonesia, Raja Singh, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (12/8/2016).

[Baca juga: Populasi Indonesia Jadi Peluang Bisnis Digital]

Tokopedia masuk dalam Top 50 Valuable Indonesian Brand berada di peringkat ke dua kategori One To Watch karena memiliki potensi pasar brand yang cukup luas di sektor start-up di Indonesia setelah Traveloka dan disusul oleh Bukalapak di peringkat ke tiga. Disebutkan, Tokopedia memiliki nilai jual yang tumbuh 22 persen seiring dengan tumbuhnya daya beli masyarakat, khususnya dalam berbelanja online.

Daftar Top 50 Indonesian Valuable Brand ini, kata Raja Singh, diharapkan dapat berfungsi untuk membantu perusahaan berinvestasi pada brand yang ada. Investasi membentuk merek yang kuat akan memberikan keuntungan yang besar bagi pemangku kepentingan dan memberikan keuntungan keuangan bagi sebuah bisnis. Indonesia merupakan negara keempat yang memiliki peringkat brand sendiri. Sebelumnya penelitian ini telah melakukan riset di beberapa negara lain seperti China, India dan Amerika Latin.

(wdi)

Sumber : Okezone