JAKARTA – Bank Indonesia (BI) hari ini resmi membuka tempat penukaran uang yang dipusatkan di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Rencananya, akan terdapat 20 bank yang akan bergabung sejak tanggal 10 Juni 2016.

BI pun menjamin uang yang akan diberikan kepada masyarakat adalah uang baru. Bahkan, BI menjamin minimal 90 persen dari uang yang ditukarkan adalah uang baru yang khusus dipersiapkan untuk lebaran.

“Kita sudah menghitung seluruh kebutuhan dan telah membagi ke seluruh kantor perwakilan. Seluruh kantor telah siap untuk penarikan dan penukaran oleh masyakarat. Jadi 90 persen dan 100 persen adalah uang baru atau hasil cetak sempurna (HCS),” kata Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Suhaedi di kantor pusat BI, Jakarta, Senin (6/6/2016).

(Baca Juga: Selain Monas, BI Siapkan 200 Bank untuk Penukaran Uang)

BI pun memastikan siap untuk menghadapi Ramadan dan Lebaran. Saat ini, BI pun telah dibantu oleh 200 kantor bank, baik di Bank BUMN dan bank swasta untuk membantu penukaran uang saat Ramadan.

“Jadi semuanya sudah siap. BI dibantu sepenuhnya oleh perbankan,” tukasnya.

BI memprediksikan jumlah uang beredar saat Lebaran tahun ini mencapai Rp160 triliun. Jumlah uang yang beredar ini lebih besar dari Lebaran tahun lalu sebesar Rp140 triliun. Untuk itu, diperkirakan terdapat peningkatan jumlah penukaran uang oleh masyarakat.

(dni)

Sumber : Okezone