Rifanfinancindo – PALEMBANG – Untuk dapat memenangkan berkompetisi di dunia kerja tidak cukup dengan hanya menyelesaikan tugas Anda dengan baik. Memiliki ketrampilan terbaik untuk unggul di pekerjaan Anda adalah suatu keharusan, tetapi menjadi yang terbaik pada pekerjaan Anda tidak akan membantu Anda memenangkan kompetisi.

Memiliki keterampilan kompetitif akan dinilai oleh atasan Anda. Mari kita lihat ketrampilan kompetitif yang harus Anda miliki agar dapat bersaing di dunia kerja.

Berhenti bicara dan mulai mendengarkan

Beberapa orang berpikir banyak berbicara akan membantu dalam karir mereka. Berbagi pengetahuan dengan orang lain memang penting, tetapi mendengarkan dapat lebih menguntungkan Anda dalam banyak cara. Anda dapat belajar banyak ketika Anda membuat upaya untuk memahami apa yang orang lain katakan kepada Anda.

Sebagai pendengar yang aktif, Anda akan mendapatkan wawasan tentang arti sebenarnya dari perkataan orang lain seperti atasan Anda, rekan kerja dan bawahan, dan pelangganDengar mengerti apa arti perkataan mereka, Anda akan mampu memahami apa yang atasan Anda harapkan dari Anda, mempelajari apa yang memotivasi rekan kerja dan bawahan Anda, dan menemukan apa yang pelanggan butuhkan dari Anda. Keterampilan penting ini akan secara drastis meningkatkan kinerja Anda seperti berperan dalam membangun hubungan dengan orang lain.

Berhenti mengeluh dan mulailah cari solusi

Setiap tempat kerja memiliki masalah dan sulit untuk menjauhkan mereka dari Anda. Mengeluh tentang masalah ini tidak akan membantu. Sebaliknya, itu akan menjadi berbahaya karena racun bagi semua orang di lingkungan Anda.

Anda tidak memiliki apa-apa dari mengeluh, selain reputasi sebagai negatif. Jika Anda menemukan cara untuk memecahkan masalah maka Anda dapat mengarahkan rekan kerja Anda. Akhirnya Anda akan dianggap pahlawan bagi rekan kerja Anda.

Keterampilan berpikir kritis sangat penting

Ketika Anda membuat keputusan, Anda mungkin tergoda untuk melakukan secepat mungkin. Setelah semuanya, Anda memiliki banyak hal dilakukan dalam waktu yang sangat singkat. Semakin cepat Anda dalam memecahkan masalah atau mencari cara untuk mencapai tujuan, semakin cepat Anda menyelsaikan seluruh pekerjaan Anda.

Meskipun tampaknya seperti membuang-buang waktu untuk menghabiskan banyak mempertimbangkan dalam membuat keputusan, tetapi Anda akan jauh lebih berhasil jika Anda melakukan banyak pertimbangan tersebut. Keterampilan berpikir kritis akan membantu Anda. Gunakan pemikiran kritis untuk mengevaluasi setiap opsi sebelum memutuskan keputusan terbaik.

Kelola waktu Anda dengan baik

Sebagai seorang profesional Anda memiliki kehidupan yang sibuk. Jika Anda berusaha untuk naik jabatan di tempat kerja, itu akan menambah kesibukan Anda, sebab pastinya atasan Anda meningkatkan tanggung jawab Anda. Bagaimana Anda dapat menyelesaikan segalanya dalam waktu yang sama? Dalam hal ini kemampuan untuk mengelola waktu sangatlah penting. Ini adalah salah satu ketrampilan kompetitif yang harus Anda memiliki.

Bergaul dengan semua orang

Ingalah semua kepribadian yang berbeda mengisi tempat kerja, dan atasan Anda berharap bahwa semua orang dapat bergaul dengan satu sama lain. Bergaul dengan rekan kerja Anda tidak berarti Anda harus seperti mereka semua. Keterampilan interpersonal yang baik akan memungkinkan Anda untuk memenuhi harapan atasan Anda mencipatakan harmoni di tempat kerja.

Jika Anda dapat berempati dan simpati dengan rekan kerja Anda, Anda akan mampu menghindari kesalahpahaman dengan mereka. Kemampuan untuk bernegosiasi juga akan membantu Anda menghindari konflik. Untuk bekerja sebagai sebuah tim, yang harus Anda lakukan untuk tempat kerja Anda adalah menjalankan tanggung jawab dengan baik, Anda harus tahu bagaimana mengkoordinasikan tindakan Anda dengan mereka.

Tunjukkan kepemimpinan Anda

Akhirnya, jika Anda ingin meraih puncak karir, Anda harus menunjukkan kemampuan kepemimpinan Anda. Anda tidak bisa menjadi pemimpin tanpa pengikut, jadi hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat orang untuk menghormati dan mempercayai Anda.

Tunjukkan kemampuan manajerial kepada atasan Anda, baik dalam mendelegasi sebuah pekerjaan kepada rekan Anda, serta kesediaan Anda untuk mengmabil tanggung jawab, tidak hanya kesuksesan mereka, tetapi kegagalan mereka juga.

(wdi)

Sumber : Okezone