RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Sebuah laporan resmi yang dirilis pada hari Kamis(4/6), Federal Reserve mengatakan bahwa ekonomi AS telah mengalami ekspansi selama dua bulan lalu, meski sektor manufaktur di beberapa wilayah terlihat terpukul akibat penguatan dollar dan penurunan investasi energi.

Berdasarkan hasil Beige Book yang dirilis dini hari tadi, terdapat sebanyak 4 wilayah dari 12 daerah dilaporkan bahwa pertumbuhan tengah melaju ?moderate?, dan tiga wilayah lainnya telah mengalami ekspansi dengan laju pertumbuhan yang ?modest? pada periode bulan April hingga Mei 2015. Akan tetapi, di wilayah Dallas pertumbuhan memperlihatkan beragam hasil namun cenderung menurun.

Laporan ini akan menjadi bahan pertemuan kebijakan Bank Sentral AS di pertemuan selanjutnya pada tanggal 16 dan 17 Juni mendatang, ketika spekulasi bahwa para pejabat bank sentral yang sedang melakukan pertimbangan kenaikan suku bunga untuk pertama kali sejak tahun 2006 lalu.

Pada hasil yang ditunjukkan bahwa 29 Mei kemarin, telah memperlihatkan bahwa ekonomi Amerika tengah alami penurunan di kuartal pertama ditengah cuaca musim dingin yang dipengaruhi oleh penguatan dollar dan gangguan di pelabuhan.

Sementara itu Presiden Bank Sentral AS, Janet Yellen pada 22 Mei lalu mengatakan bahwa? ia tengah memperkirakan bahwa kenaikan suku bunga di wilayah AS akan terjadi di tahun 2015 ini, apabila ekonomi Amerika kembali mengalami pertumbuhan.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/beige-book-ekonomi-as-ekspansi-dalam-2-bulan-silam/