JAKARTA – PT Teknik Rekayasa Kereta Kapsul (TReKKa) mengaku siap mempresentasikan moda transportasi berbasil rel khusus kereta kapsul ke seluruh kota-kota besar yang mulai dipadati kendaraan.

Saat ini, TReKKa tengah menyelesaikan tahap pembangunan purwa rupa fasilitas pengujian kereta kapsul yang diberi nama Metro Kapsul. Selainya purwa rupa akan dibawa sebagai bukti dan dipresentasikan pada setiap kota-kota besar.

“Dari beberapa presentasi yang dilakukan meski fasilitas pengujian masih belum Jadi, kereta kapsul sudah mendapat respons positif. Kami sudah presentasi di Surabaya, Batam, Makassar, Bandung, dan Jakarta. Ini kota yang terjangkit macet. Hasilnya Batam, Surabaya memiliki respons positif,”papar Operational Director Leonnardo Feneri, di Melawai, Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Dia pun berharap, dengan direalisasikan fasilitas pengujian pada Mei 2016, maka kereta kapsul dapat dijadikan sebagai moda transportasi lokal yang bisa dimanfaatkan seluruh kota-kota besar di Indonesia nantinya. Karena, banyak keuntungan dari penggunaan kereta kapsul.

“Banyak orang belum mengetahui bagaimana konsep Metro Kapsul. Sekilas Metro Kapsul mirip dengan sky train, namun memiliki perbedaan, menggunakan ban dengan jalurnya yakni jalan beton. Ketika semua ini selesai dalam purwa rupa, maka kita akan jelaskan detail nantinya,” paparnya.

(mrt)

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/02/05/320/1305313/batam-dan-surabaya-tertarik-bangun-kereta-kapsul