JAKARTA – Proses elektronifikasi dalam akses penyaluran bantuan sosial (bansos) agaknya akan segera terealisasikan. Pasalnya Bank Indonesia (BI) sudah memastikan penyaluran segala bentuk Bansos secara non-tunai bisa mulai dilakukan pada bulan ini.

Deputi Gubernur BI Ronald Waas mengatakan, pihaknya telah rampung menyiapkan persiapan untuk merealisasikan elektronifikasi penyaluran Bansos. Sehingga bulan ini bisa mulai diterapkan namun masih dalam bentuk pilot project.

“Bulan Juni ini kami coba bisnis modelnya untuk penyaluran bantuan dana dengan nontunai,” tuturnya di Senayan, Jakarta, Jumat (3/6/2016).

Ronald mengaku, upaya tersebut sebenarnya merupakan titah langsung dari Presiden Joko Widodo yang menginginkan segala macam penyaluran Bansos bisa dilakukan secara non-tunai.

“Presiden sudah memutuskan dalam ratas (rapat terbatas), beliu ingin semua bantuan yang diberikan pemerintah harus non-tunai. Kami BI sudah presentasikan dan diterima. Mudah-mudahan bulan Juni ini sudah bisa dilakukan,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, serta Kementerian Sosial telah melakukan penandatanganan kerjasama dengan BI dalam hal penyaluran Bansos secara elektronifikasi.

(mrt)

Sumber : Okezone