RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Keengganan OPEC untuk membatasi produksi minyak bisa membuat periode harga rendah menjadi berkelanjutan dan menambah rasa sakit untuk anggaran negara-negara anggotanya ?, demikian disampaikan Badan Energi Internasional Selasa. Komentar oleh lembaga yang berbasis di Paris ini mengkritik OPEC dan meminta agar organisasi ini untuk lebih dari kritik dan tekanan dari saingan seperti di Amerika Serikat

Sementara itu, anggota Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak termasuk Venezuela, Iran dan Aljazair sedang buruk terjepit oleh harga minyak yang jatuh dan gelisah atas pemotongan produksi.Produsen minyak yang bukan anggota OPEC juga mengeluh. Pada hari Senin, Menteri Perminyakan Oman Mohammed Bin Hamad Al Rumhy menyebut tingkat produksi minyak saat ini ?tidak bertanggung jawab? dan mengatakan kelompok itu memberikan kontribusi untuk harga minyak yang rendah.

Perdebatan datang menjelang pertemuan OPEC yang berpotensi kontroversi 4 Desember mendatang di Wina. Arab Saudi, pemimpin OPEC, telah mengisyaratkan tidak akan mengizinkan perubahan strategi, dengan alasan pengurangan produksi tidak dapat mempengaruhi pasar seperti dulu sebelum lonjakan keluaran AS.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/badan-energi-internasional-kritik-opec/