Di jaman serba modern ini kita selalu dikelilingi dengan berbagai macam gadget. Mulai dari handphone, tablet PC, laptop selalu ada di dekat kita, bahkan di saat tidur sekalipun. Kebiasaan yang selalu lengket dengan gadget ini tentu saja tidak sehat. Selain membuat kita jadi kurang bersosialisasi dengan orang lain, Anda pasti sudah sering mendengar tentang radiasi gadget, seperti apa hal itu, simak artikel berikut ini.

Awas Radiasi Gadget! Ini Solusi dan Pencegahannya

Ini adalah akibat dari radiasi gadget menurut para dokter:

  • Penggunaan gadget yang terlalu berlebihan akan membuat gadget menjadi panas dan menimbulkan panas pada sel kepala.
  • Kebiasaan menaruh gadget di dekat kepala saat tidur, bisa berakibat buruk terhadap kesehatan, seperti bisa mengakibatkan gangguan tidur, mual, dan sakit kepala.
  • Gangguan tidur itu terjadi karena medan magnetik di sekitar ponsel yang menyala sehingga bisa memicu kerusakan sistem saraf.
  • Radiasi gadget dengan intensitas penggunaan ponsel di sekitar area kepala dalam waktu lama, dapat memicu kemunculan zat karsinogenik penyebab kanker otak. Penyebabnya karena medan elektromagnetik yang berasal dari radiasi ponsel diserap kepala dan kemudian diserap sel otak hingga mengenai DNA dalam sel.

Terdengar sepele, tapi ternyata akibat radiasi gadget bisa sangat fatal. Namun masih banyak juga orang yang kurang aware terhadap peringatan ini. Memang dampaknya tidak langsung kita rasakan, tapi akan muncul dalam jangka waktu panjang. Tidak ingin terkena dampak tersebut? Ikuti solusinya dari kami:

  1. Jangan gunakan handphone saat sinyal lemah (rendah). Hal ini menyebabkan handphone bekerja lebih keras untuk memperoleh koneksi, sehingga menciptakan kemungkinan radiasi lebih besar.
  2. Solusi kedua untuk mencegah radiasi gadget adalah jangan gunakan handphone di ruang yang tertutup, seperti lift dan mobil. Radiasi dapat terjadi saat handphone mencoba menciptakan koneksi pada sinyal.
  3. Jangan menelpon saat berkendara. Berbicara di handphone sambil bergerak dengan cepat membuat handphone terus berusaha menciptakan sambungan (koneksi) berulang ke menara berikutnya, sehingga melepaskan energi dalam jumlah besar.
  4. Batasi penggunaan handphone merupakan salah satu cara tepat terhindar dari radiasi gadget. Bicara seperlunya dan sebisa mungkin kirimkan text daripada menelpon.
  5. Saat handphone menyala, jangan menyimpannya dekat bagian tubuh Anda. Badan kita dapat menyerap radiasi yang membahayakan, jadi jauhkan dari anggota badan (termasuk di saku).
  6. Gunakan speakerphone. Jika Anda sendiri dan tidak ingin mengganggu orang lain, maka penggunaan speakerphone merupakan cara terbaik karena memiliki jarak aman dari kepala Anda.
  7. Jika menggunakan bluetooth, alihkan dari satu sisi ke sisi lainnya. Cara ini bertujuan untuk menghindari radiasi yang terkonsentrasi di satu sisi. Radiasi Bluetooth tetap berisiko walau lebih rendah dari radiasi handphone.
  8. Gunakan headset ferrite bead, yaitu asesoris handphone yang berfungsi untuk mengurangi radiasi. Kabel yang ada di alat pendengar di handphone Anda juga dapat menyalurkan radiasi ke telinga. Dengan menggunakan ferrite bead, Anda dapat mengurangi radiasi tersebut.
  9. Gunakan Airplane Mode. Kebanyakan handphone sekarang ini memiliki fungsi untuk digunakan di pesawat udara. Airplane mode meniadakan transmisi nirkabel dan menghentikan risiko radiasi. Jika Anda tidak menggunakan handphone untuk waktu yang cukup lama, matikanlah atau pilih airplane mode, maka handphone Anda akan mengonsumsi energi lebih rendah dan menghemat baterai sehingga penggunaannya lebih efisien.
  10. Beli handphone dengan radiasi rendah. Setiap telepon seluler memiliki tingkatan radiasi yang bervariasi, untuk itu Anda perlu mencari informasi produk handphone beradiasi rendah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, apapun model handphonenya, selalu patuhi cara penggunaannya dengan benar. Produsen handphone selalu memberikan informasi mengenai cara menggunakan dan membawa handphone agar konsumen bisa membatasi paparan radiasi.

Diperlukan kesadaran tinggi dari kita sendiri untuk bisa terhindar dari sesuatu yang membahayakan kita. Memulai dari hal yang terkecil akan sangat membantu kita untuk melanjutkan ke tingkat yang lebih besar. Batasi penggunaan gadget saat tidak diperlukan dan perbanyaklah melakukan aktivitas yang banyak membuat gerakan pada badan, seperti olah raga. Hal tersebut akan sangat berguna untuk kesehatan dan terhindar dari radiasi gadget.