RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Perdagangan bursa komoditas berjangka di hari Senin(14/9), harga emas dan perak terpantau alami kenaikan dengan diperdagangkan lebih tinggi dalam mengawali pekan ini.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, emas berjangka pengiriman Desember telah diperdagangkan lebih tinggi dengan mencatat kenaikan sebesar 0.15% di level $1.105.00 per troy ounce di Comex, AS. Sedangkan untuk perak berjangka pengiriman Desember juga diperdagangkan lebih tinggi dengan mencatat kenaikan sebesar 0.31% di level $14.550 per troy ounce.

Harga emas terlihat mendapat dukungan untuk alami kenaikan awal pekan ini, ditengah sentimen pasar yang tengah menanti laporan hasil pertemuan kebijakan The Fed pada minggu ini. Jelang pertemuan kebijakan tersebut, pasar terlihat bertahan guna mengantisipasi langkah terbaru dari The Fed.

Sementara itu, di sesi sebelumnya atau hari Jumat kemarin harga emas telah ditutup melemah setelah dirilisnya laporan ekonomi Amerika. Sebuah data yang dirilis oleh Biro Statistik Tenaga Kerja menyebutkan bahwa inflasi produsen di wilayah AS telah alami tetap atau sebesar 0.0% di bulan Agustus setelah alami kenaikan sebesar 0.2% pada bulan Juli.

Selang 90 menit kemudian, sebuah data yang dirilis oleh University of Michigan menyebutkan bahwa sentimen konsumen AS telah alami penurunan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 85.7 di bulan September dari 92.9 di bulan Agustus.

SUMBER :