RIFAN FINANCIDO BERJANGKA – Pergerakan pasar mata uang pada hari Jumat(6/3), dollar Aussie terpantau menguat terhadap greenback setelah terjadinya penurunan aktiftas konstruksi di wilayah Australia, ketika pasar tengah menanti laporan nonfarm payrolls Amerika nanti malam.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, AUDUSD terpantau menguat 0.02% di level 0.7784 dimana pasangan ini terpantau bergerak menyentuh level 0.7776 untuk sesi terendah harian dan level 0.7786 untuk sesi tertinggi harian.

Dollar Aussie masih terlihat mampu bertahan untuk alami penguatan terhadap greenback, meski terjadinya penurunan pada aktifitas konstruksi nasional di wilayah Australia. Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Australian Industry Group menyatakan bahwa index Konstruksi di wilayah Australia alami penurunan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 43.9 di bulan Februari.

Sementara itu, perhatian pasar pada hari ini tengah tertuju kepada laporan pertumbuhan lapangan pekerjaan di wilayah Amerika. Survei ekonom telah memperkirakan bahwa Nonfarm Payrolls akan alami kenaikan yang disesuaikan secara musiman menjadi 240.000 di bulan Februari, meski perkiraan tersebut masih dibawah hasil pertumbuhan di bulan Januari dengan kenaikan sebanyak 257.000.

Sejalan dengan perkiraan ekonom yang memperlihatkan melambatnya pertumbuhan lapangan pekerjaan di wilayah Amerika tersebut maka hal ini mampu menjadi sebuah peluang bagi dollar Aussie mempersolid kenaikannya terhadap greenback. Namun sebaliknya, jika pertumbuhan lapangan pekerjaan Amerika alami kenaikan tajam maka potensi melemahnya dollar Aussie dapat terjadi.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/aussie-dollar-stabil-pasar-nantikan-nfp/