RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Pergerakan pasar mata uang di hari Jumat(21/8), Aussie dollar terpantau alami penguatan terhadap dollar AS setelah pasangan ini ditutup melemah di sesi sebelumnya.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, AUDUSD menguat tipis 0.01% di level 0.7337 dimana pasangan tersebut bergerak menyentuh level 0.7333 untuk sesi terendah harian dan level 0.7342 untuk sesi tertinggi harian.

Aussie dollar terlihat coba bangkit dengan alami penguatan terhadap dollar AS ketika permintaan greenback yang terus tergerus karena meningkatnya spekulasi bahwa kenaikan suku bunga The Fed akan ditunda pada bulan September mendatang.

Di sesi sebelumnya, kondisi pasar tenaga kerja AS yang memburuk sempat mendukung Aussie dollar menguat terhadap dollar AS. Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS menyebutkan bahwa jumlah klaim pengangguran AS telah alami kenaikan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 277K pada pekan lalu.

Meski demikian, membaiknya kondisi penjualan rumah bekas dan aktifitas manufaktur di wilayah Philadelphia justru membalikan tekanan bagi Aussie dollar. Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh National Association of Realtors menyebutkan bahwa penjualan rumah bekas di wilayah AS telah naik yang disesuaikan secara musiman menjadi 5.59 juta unit pada bulan Juli.

Sementara itu, berdasarkan laporan dari Federal Reserve Philadelphia menyebutkan bahwa index manufaktur telah alami kenaikan yang disesuaikan secara musiman menjadi 8.3 di bulan Agustus.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/audusd-menguat-tipis-di-sesi-pagi-3/