RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Minggu depan, sejumlah perusahaan e-commerce yang terbesar di Indonesia akan mendapat perhatian besar seiring dengan rencana kunjungan Presiden Joko Widodo ke AS.

Para Petinggi perusahaan-perusahaan itu akan berjumpa dengan figur-figur penting dalam industri sektor ini. Presiden Joko Widodo, memang merayakan satu tahun pemerintahannya dengan berusaha menarik sebanyak-banyaknya investasi asing untuk masuk ke negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara. Tahun ini, laju pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat yang paling lambat selama enam tahun terakhir ini.

Perusahaan inkubasi seperti GoJek dan Tokopedia akan menjadi salah satu dari lima perusahaan yang tengah mencari investasi senilai ratusan juta Dolar AS. Umumnya mereka menyasar pada perusahaan seperti Sequoia. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mengunjungi Silicon Valley. Kunjungan ini sepenuhnya sangat berbeda dengan kegiatan sejenis sebelumnya. Menurut Rudiantara kunjungan kali ini memang secara khusus ingin mendapatkan investasi khususnya di sektor swasta.

Kunjungan Presiden Joko Widodo ke California merupakan bagian dari rencana Presiden melakukan lawatan ke AS dan bertemu dengan Presiden Barack Obama, pemimpin Kongress dan beberapa eksekutif dari perusahaan-perusahaan tambang dan energi di Washington DC.

Indonesia dewasa ini memang tengah berupaya meninjau kembali aturan-aturan yang sekiranya akan berdampak negatif bagi investasi asing untuk masuk ke Indonesia, salah satunya adalah kebijakan berkenaan dengan larangan investor asing untuk masuk dalam industri e-commerce. Rudiantara sendiri enggan berkomentar lebih lanjut mengenai berapa rencana jumlah penyertaan kepemilikan asing yang diperbolehkan.

Saat ini, pemerintah Indonesia masih melarang perusahaan investasi asing untuk masuk dalam industri e-commerce dimana diperkirakan pada tahun 2020 nanti industri Indonesia ini akan menjadi yang paling besar dikawasan. Hal ini tak lepas dari kenyataan bahwa pengguna Internet di Indonesia adalah yang paling besar. Pengguna sosial media seperti facebook dan Twitter di Indonesia memang teraktif di dunia.

Dalam lawatannya di California, AS. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan bertemu dengan para CEO dari Apple, Google, Facebook dan Microsoft. Apple sendiri saat ini tengah berusaha melakukan investasi di tambang alumunium Indonesia, yang merupakan pengekspor almunium terbesar dunia. Menurut kabar dari Sekretaris Kabinet, Apple sedang membangun fasilitas riset dan pengembangan disini.

Pada hari Rabu (21/10) Duta Besar AS untuk Indonesia, Robert Blake menyatakan bahwa sejumlah kesepakatan akan dilakukan antara Presiden Joko Widodo dan Barack Obama. Kesepakatan-kesepakatan tersebut bertujuan untuk memperluas kerjasama bilateral khususnya disektor kelautan, energi dan perdagangan.

SUMBER : http://financeroll.co.id/news/apple-buka-tambang-google-lirik-gojek/