PT Rifan Financindo – JAKARTA – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) masih tetap yakin program pengampunan pajak alias tax amnesty akan sukses. Sebab, para pengusaha sebenarnya sudah menunjukkan komitmennya untuk ikut tax amnesty.

Ketua Dewan Pertimbangan Apindo Sofjan Wanandi tetap yakin, total dana tax amnesty baik repatriasi maupun deklarasi dapat mencapai Rp1.000 triliun. Meskipun, belakangan ini marak cerita-cerita miring soal tax amnesty.

“Saya masih percaya Rp1.000 triliun itu masih akan tetap masuk. Itu lebih banyak lima kali lipat dari anggaran kita, jadi dampaknya akan sangat besar,” tuturnya di Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Rabu (31/8/2016).

Dia menambahkan, Apindo telah mengumpulkan 120 pengusaha kakap yang tergabung dalam Apindo. Semuanya telah menyatakan komitmennya untuk ikut dalam program tax amnesty. “Mereka menyatakan September ini akan deklarasi atau repatriasikan. Jadi saya yakin di minggu-minggu ini sudah mulai masuk dana besar,” tuturnya.

Dari Rp1.000 triliun yang diperkirakan Apindo, 60-70 persennya akan masuk pada periode September ini. Sebab tarif tebusan pada periode tersebut masih rendah. “Proses tax amnesty ini akn sampai Maret tahun depan. Tapi saya yakin September ini ada 60-70 persen dari Rp1.000 triliun bisa masuk,” pungkasnya.

(mrt)

Sumber : Okezone