Corona Terus Makan Korban, Bursa Asia Berguguran

PT Rifan Financindo Berjangka
Ilustrasi Bursa Saham Tokyo (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

PT Rifan Financindo Berjangka Bursa saham Asia berjatuhan pagi ini. Perlambatan pertumbuhan ekonomi global yang semakin nyata gara-gara virus Corona membuat investor berpikir ribuan kali untuk masuk ke instrumen berisiko seperti saham.

Pada Jumat (21/2/2020) pukul 08:40 WIB, berikut perkembangan sejumlah indeks saham utama Asia:

Perkembangan penyebaran virus Corona memang mengkhawatirkan. Mengutip data satelit pemetaan ArcGis pukul 08:33 WIB, jumlah kasus Corona di seluruh dunia mencapai 76.215. Korban jiwa terus bertambah menjadi 2.247 orang.

Virus Corona memang berasal dan paling banyak menyerang di China. Namun perlu dicatat virus ini sudah menyebar ke 28 negara dan menciptakan kepanikan.

Daegu, kota terbesar keempat Korea Selatan, sudah seperti kota mati karena warga tidak berani keluar rumah. Kwon Young-jin, Wali Kota Daegu, menyarankan warga akan tetap di rumah setelah 90 jemaat sebuah gereja menunjukkan tanda-tanda serangan virus Corona. Bahkan beberapa di antaranya kemudian positif.

“Kita sedang dalam krisis. Kami meminta warga untuk tetap di rumah, jangan dulu mengunjungi sanak keluarga,” kata Kwon, seperti diberitakan Reuters.

Daegu adalah salah satu kota manufaktur yang penting di Korea Selatan, di mana terdapat banyak industri tekstil, logam, sampai mesin. Berarti sekarang industri-industri tersebut tidak berfungsi, idle, menganggur. Tidak hanya rantai pasok yang rusak, tetapi ada ancaman Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karena pabrik tidak beroperasi.

Dampak ekonomi semacam ini yang paling dikhawatirkan dari virus Corona. Produksi yang terhambat tidak hanya terjadi di China, tetapi sudah dirasakan di negara lain.

Sumber : CNBC
Baca Juga :

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.