PT Rifan Financindo

Ilustrasi Emas Perhiasan (CNBC Indonesia)

PT Rifan Financindo – Harga emas dunia turun tipis di perdagangan pasar spot hari ini. Sang logam mulai masih berada di bawah US$ 1.500/troy ons.

Pada Kamis (12/9/2019) pukul 06:25 WIB, harga emas berada di US$ 1.492,4/troy ons. Turun 0,33% dibandingkan hari sebelumnya.

Kemarin, harga emas naik 0,8% setelah amblas empat hari berturut-turut. Akan tetapi penguatan itu ternyata cuma bertahan sehari, setidaknya sampai hari ini.

Sepertinya minat investor terhadap instrumen berisiko (risk appetite) kembali meninggi setelah membaiknya hubungan Amerika Serikat (AS) dan China. Kemarin, China menghapus pengenaan bea masuk untuk importasi 734 produk AS di antaranya daging sapi, daging babi, kedelai, dan tembaga.

Produk-produk ini adalah bagian dari daftar barang-barang impor dari AS senilai US$ 50 miliar yang kena bea masuk sejak Juli tahun lalu. Namun pembebasan bea masuk ini harus diajukan oleh pengusaha, yang harus membuktikan bahwa mereka memang terkena dampak perang dagang.

“Kami sedang menyiapkan aplikasinya, akan segera kami serahkan. Ini adalah kabar yang sangat baik,” kata Shi Lei, seorang manajer di perusahaan importir daging yang berbasis di Beijing, seperti diberitakan Reuters.

Trump Sampai Memuji China

Tidak hanya dunia usaha di China, bahkan Presiden AS Donald Trump memuji langkah ini. Menurut Trump, Beijing sudah melakukan langkah besar.

“Mereka (China) pernah membuat sejumlah kebijakan yang cukup baik. Saya rasa ini gestur yang baik. Namun yang sekarang adalah langkah besar,” kata Trump, seperti diwartakan Reuters.

Sikap China yang legowo ini akan memuluskan jalan menuju damai dagang. Kebetulan akan ada pertemuan level deputi AS-China di Washington pada pertengahan bulan ini. Dilanjutkan dengan pertemuan level menteri pada awal Oktober.

“Pengecualian ini akan menjadi itikad baik China kepada AS jelang dialog dagang pada Oktober. Tidak hanya itu, kebijakan ini juga berdampak positif bagi perekonomian,” kata Iris Pang, Ekonom ING, dikutiip dari Reuters.

AS-China yang semakin harmonis membuat pelaku pasar ogah main aman. Untuk apa main aman kalau risiko sedang rendah?

Jadi wajar kalau harga emas turun hari ini. Dengan statusnya sebagai aset aman (safe haven), emas memang bakal kekurangan peminat saat pasar sedang berbunga-bunga seperti sekarang. (aji/aji)

Sumber : CNBC

Info Lowongan Kerja

Rifan Financindo
PT Rifan Financindo
Rifanfinancindo