Ada yang Bilang Harga Emas Bakal ke US$ 1.900/Oz! Menarik…

[Tak Hanya Logam Mulia, Perhiasan Saat Ini Banyak Diburu Warga Untuk Investasi.(CNBC Indonesia) - PT Rifan
Foto: [Tak Hanya Logam Mulia, Perhiasan Saat Ini Banyak Diburu Warga Untuk Investasi.(CNBC Indonesia)
PT Rifan – Harga emas dunia bergerak turun pada perdagangan pagi ini. Mungkin investor hanya gatal mencairkan cuan, karena harga sang logam mulia sudah naik selama berhari-hari.

Pada Jumat (12/11/2021) pukul 07:37 WIB, harga emas dunia di pasar spot tercatat US$ 1.859,3/troy ons. Turun 0,12% dari hari sebelumnya.

Koreksi pagi ini terjadi setelah harga emas menjalani reli panjang. Sebelumnya, harga emas sudah naik selama enam hari beruntun. Dalam enam hari tersebut, kenaikan harga mencapai 5,19%.

Lonjakan harga emas terjadi akibat kekhawatiran investor terhadap percepatan laju inflasi global. Di Amerika Serikat (AS), misalnya, laju inflasi pada Oktober 2021 mencapai 6.2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy). Ini adalah rekor tercepat sejak Oktober 1990.

Dalam situasi inflasi tinggi, berinvestasi di emas menjadi menguntungkan karena sifat alamiahnya sebagai lindung nilai (hedge) terhadap inflasi. Menyimpan emas akan membantu menopang daya beli ketika inflasi tinggi, karena dalam jangka panjang harga emas pasti naik. Pasokan emas terbatas, hanya segini saja yang dikasih sama Tuhan, makanya harga pasti bakal naik.

“Sekali lagi, data inflasi begitu ‘panas’. Emas adalah pelindung inflasi yang terbaik, sehingga kami meyakini data inflasi akan menjadi modal reli harga emas pada pekan dan bulan-bulan mendatang,” tegas David Meger, Direktur Perdagangan Logam di High Ridge Futures, seperti dikutip dari Reuters.

“Data inflasi kemungkinan akan menjadi dorongan bagi harga emas untuk menuju ke level US$ 1.900/troy ons,” tambah Bob Haberkorn, Senior Market Strategist di RJO Futures, juga dikutip dari Reuters.

TIM RISET CNBC INDONESIA (aji/aji)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.